Jumat, 24 Mei 2024

Rabu, 11 Maret 2020 15:10

Pelatihan Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG)

E-mail Cetak PDF


Pekanbaru, Rabu 11 Maret 2020, Dinas Pemberdayaan Perempuan,  Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau menyelengarakan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender Tahun 2020. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman aparat tentang Urgensi Anggaran Responsif Gender, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Aparat Perangkat Daerah dalam mengimplementasikan program dan kegiatan yang ada terhadap isu gender sehingga terwujudnya anggaran berbasis kinerja yang responsif gender. Pelatihan ini diharapkan peserta mengerti konsep perencanaan yang berwawasan gender serta mampu membuat Gender Analysis Pathway (GAP), Gender Budget Statement (GBS) TOR/KAK dan dapat diterapkan pelaksanaannya di Perangkat Daerah, memberikan manfaat bagi peserta ditingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi Riau, sehingga dapat mendorong implementasi strategi PUG  guna mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan. Adapun peserta berjumlah 40 Orang dari OPD Penggerak Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau, yang dilaksanakan pada tanggal 10-12 Maret 2020 di Hotel Furaya Pekanbaru.


Mengawali sambutan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau,  Dra.T.Hidayati Effiza,MM menghimbau banyak kebijakan pemerintah yang mengatur tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) ini, hal ini tentunya berarti bahwa pemerintah mengharapkan pelaksanaan PUG memiliki 7 Prasyarat PUG yaitu Komitmen, Kebijakan pemerintah dengan program yang responsive gender yang tertuang dalam RPJMD, Renstra dan Renja OPD, Kelembagaan dengan dibentuknya Pokja PUG, Focal Point PUG, dan adanya lembaga yang melayani masyarakat, Sumberdaya yang memiliki kemampuan dan pemahaman tentang responsive gender meningkat tiap tahunnya, mampu melakukan analisis gender. Provinsi Riau telah mendapatkan prestasi khusus di bidang Gender dengan meraih APE (Anugerah Parahita Ekapraya) Tingkat Pratama pada tahun 2016  dan pada Tahun 2018 mendapatkan peringkat APE Tingkat Madya, dan pada tahun ini semoga meraih APE Tingkat Utama.


Melalui kegiatan ini kita semua dapat mengetahui tentang informasi Pengarusutamaan Gender (PUG) serta dapat melihat betapa penting PUG dapat mewujudkan pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh penduduk Indonesia.

Image title

Sumber : Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender