Jumat, 24 Mei 2024

Kamis, 09 September 2021 10:21

Penuhi Hak Anak, Wakil Ketua PKK Riau Tekankan Pentingnya Pola Pengasuhan

E-mail Cetak PDF



PEKANBARU [DP3AP2KB] – Dalam rangka meningkatkan komitmen dan peran serta masyarakat, orang tua, lembaga pemerintah, serta stake holders lainnya untuk melindungi dan memenuhi hak anak, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Riau melaksanakan kegiatan Parenting Pengasuhan Berbasis Pemenuhan Hak Anak, Selasa (7/9/2021).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Hj Suti Mulyati Edy ini diikuti peserta dari berbagai lembaga terkait perlindungan anak baik virtual maupun tatap muka langsung dengan jumlah undangan terbatas dan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 di Aula Dinas P3AP2AKB Provinsi Riau.

Anak perlu mendapatkan pengasuhan dan perlindungan seluas-luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, baik itu perkembangan fisiknya, mental maupun sosialnya. Peran orang tua sangat besar dalam hal ini, mengingat hampir seluruh waktu anak berada dilingkungan keluarganya, terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Menurut Suti Mulyati Edy, sebagai tempat pembentukan kepribadian dan karakter anak yang unik, kapasitas orang tua dan keluarga harus terus ditingkatkan agar dapat melaksanakan fungsinya dalam memberikan perlindungan, pendidikan, kesehatan, serta penanaman nilai-nilai kebaikan pada anak.

"Agar menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria berakhlak mulia serta cinta tanah air," ungkapnya.

Menurut istri Wakil Gubernur Riau ini program parenting adalah pendidikan wajib bagi orang tua. Hal ini selaras pula dengan program yang telah dicanangkan pemerintah dalam hal ketahanan keluarga.

"Pengetahuan akan hak-hak anak dan perlindungan anak ini sangat penting diketahui orang tua agar anak-anak kita bisa tumbuh dengan baik dan menjadi generasi penerus yang akan mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa," tegasnya.

Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam melindungi dan memenuhi hak-hak anak. Untuk itu menurut Kepala Dinas P3AP2AKB, Tengku Hidayati Effiza kepada tim media diperlukan sinergi dan peran serta seluruh elemen masyarakat baik dari unsur organisasi perempuan seperti PKK yang tersebar hingga ke desa-desa, BKOW, Lembaga Adat Melayu, Aktivis PATBM hingga Forum Anak untuk terus meningkatkan komitmennya dan bersinergi bersama pemerintah.

"Agar mimpi mewujudkan Riau sebagai Provinsi Layak Anak di Indonesia segera terwujud," harapnya.

Narasumber pada kegiatan Parenting ini adalah Rohika Kurniadi Sari selaku Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan dan Lingkungan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Republik Indonesia secara virtual, serta Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau, Yanwar Arief yang juga Wakil Ketua Himpunan Psikologi (HIMPSI) Provinsi Riau, dan Risdayati dari Tim Penggerak PKK Provinsi Riau secara tatap muka langsung.

Image title

Image title

Sumber          : Bidang KTKPHA Dinas P3AP2KB Provinsi Riau

Photographer : Rizky Kurniawan

Penulis           : Rizky Kurniawan

Editor             : Ns. Anggi Wahyuni, S.Kep

Publish          : Muhammad Syafri, S.Kom