Jumat, 24 Mei 2024

Kamis, 09 September 2021 16:04

PELATIHAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEREMPUAN

E-mail Cetak PDF



TEMBILAHAN- Dinas Pemberdayaan Perempuan  Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender, mengadakan kegiatan Advokasi Kebijakan Dan Pendampingan Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Politik, Hukum, Sosial Dan Ekonomi Kewenangan Provinsi Dengan Pelatihan Pendidikan Politik Bagi Perempuan Tahun 2021 yang di laksanakan selama 2(dua) hari  di Inhil Pratama Tembilahan, Rabu (8/09/2021), dan secara virtual.

Advokasi Kebijakan Dan Pendampingan Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Politik, Hukum, Sosial Dan Ekonomi Kewenangan Provinsi Dengan Pelatihan Pendidikan Politik Bagi Perempuan ini adalah untuk memberikan pemahaman perempuan terhadap wawasan politik sebagai upaya pemberdayaan dan pendidikan politik rakyat khususnya menyangkut kesetaraan gender, Meningkatkan partisipasi politik warga negara khususnya perempuan dalam mendukung peningkatan representasi perempuan di legislatif, eksekutif dan yudikatif, Memberikan sumbangsih pemikiran terhadap pentingnya peranan politik perempuan dalam kehidupan bernegara, khususnya dalam lembaga negara karena politik sebagai proses pengambilan keputusan yang terjadi dimana saja dan kapan saja.

Menurut data BPS Keterwakilan Perempuan di Parlemen Di Provinsi Riau pada hasil pemilihan umum dari pemilihan umum tahun 2014 ke tahun 2019 keterwakilan perempuan semakin menurun, pada tahun 2014 keterwakilan perempuan sebesar 18 Orang dari 65 Orang jumlah anggota atau 27.6 % sedangkan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 keterwakilan perempuan sebanyak 12 Orang atau menjadi 18,4 % turun sekitar 9.1 %. Untuk kabupaten Indragiri Hilir Jumlah Keterwakilan Perempuan Tahun 2019 sebanyak 6 Orang 13.33 % dari jumlah total sebanyak 45 Anggota.

Peserta dalam kegiatan ini adalah Organisasi Masyarakat/Lembaga yang bergerak pada bidang Politik, Sosial, Ekonomi dan Hukum sesuai dengan kewenangan provinsi sebanyak 50 orang terdiri atas berbagai unsur Organisasi Masyarakat atau Lembaga Masyarakat secara Daring Lalu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan sebanyak 12 Kab/Kota Secara Luring.

Image title

Image title

 

Pelaksanaan Kegiatan ini Dibuka Oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hilir Bapak R. Arliansyah. S.Si, ME. Dalam pidatonya menyampaikan pesan untuk tingkatkan Pemahaman Politik Khususnya Bagi Perempuan agar bisa menyampaikan Aspirasi terhadap Akses, Partisipasi, kontrol dan Manfaat bagi kaum perempuan khususnya.

Adapun pemateri dalam kegiatan ini dari Pusat diisi oleh Asisten Deputi PUG Bidang Politik dan Hukum KPPA RI Bapak Drs. Dermawan,Msi Narasumber Daerah Terdiri Atas Perguruan Tinggi oleh Hj. Sadriah Lahamid, S.Sos, M.Si, Komisi Pemilihan Umum Daerah Hj. Hasni Novriana, SE,M.Si, Bawaslu Daerah Muhammad Donk, dan Anggota DPRD Provinsi Riau Dra. Hj. Septina Priwati Rusli, MM.

Sumber          : Bidang PPKG Dinas P3AP2KB Provinsi Riau

Photographer  : Antonio Subeno, SH

Penulis          : Syarifah Lisa Darati, M,Si

Editor            : Tetty Nurdianti, SE

Publish          : Muhammad Syafri, S.Kom