Jumat, 24 Mei 2024

Senin, 13 September 2021 12:22

PELATIHAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEREMPUAN

E-mail Cetak PDF



Bengkalis – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau malului Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender mengadakan kegiatan Advokasi Kebijakan Dan Pendampingan Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Politik, Hukum, Sosial Dan Ekonomi Kewenangan Provinsi Pelatihan Politik Bagi Perempuan tahun 2021, yang berlokasi di Pantai Marina Hotel, Bengkalis pada 01-02 September 202. Kegiatan Advokasi Kebijakan Dan Pendampingan Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Politik, Hukum, Sosial Dan Ekonomi Kewenangan Provinsi Pelatihan Politik Bagi Perempuan tahun 2021 akan dilaksanakan pada 3 kabupaten Kota yaitu Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru.

 

Sesuai dengan Amanah Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang 30% keterwakilan perempuan dan juga termasuk Hak Asasi Manusia (Hak turut serta dalam pemerintahan). Keikut sertaan perempuan ini juga mencerminkan ciri sistem demokrasi untuk memilih dan dipilih. Menurut data BPS Keterwakilan Perempuan di Parlemen diProvinsi Riau pada hasil pemilihan umum tahun 2014 ke tahun 2019 keterwakilan perempuan semakin menurun, pada tahun 2014 keterwakilan perempuan sebesar 18 Orang dari 65 Orang jumlah anggota atau 27.6 % sedangkan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 keterwakilan perempuan sebanyak 12 Orang atau 18,4 % turun sekitar 9.1 %. Untuk kabupaten Bengkalis Jumlah Keterwakilan Perempuan hasil pemilihan umum Tahun 2019 sebanyak 4 Orang 8.88 % dari jumlah  total sebanyak 45 Anggota. penyebabnya adalah karena memang calon atau kandidat tersebut belum dikenal oleh masyarakat, perbedaan ideologi dengan calon perempuan yang akan dipilih, dan pemilih perempuan meragukan ketaatan beragama, serta tidak ada jaminan memilih calon perempuan akan membela perempuan. Peningkatan partisipasi perempuan harus dilakukan pengkajian terhadap tiga aspek yang ada pada diri calon kandidat yang akan maju dalam pertarungan politik yakni popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas.

 

Peserta dalam kegiatan ini adalah Kader perempuan Organisasi Masyarakat/Lembaga yang bergerak pada bidang politik, hokum, social dan ekonomi sesuai dengan kewenangan provisi seperti TP- PKK, Salimah, Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Ketahanan Keluarga, Rumah Keluarga Indonesia, Ikatan Wanita Minang Riau, BKMT, AISYIYAH dan Pusdatin jumlah peserta sebanyak 50 Orang secara Daring sedangkan peserta melalu webinar adalah kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan sebanyak 12 Kab/Kota. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bengkalis Drs. H. Raja Arlingga, dan Sebagai pemateri terdiri Atas Narasumber Pusat di isi Oleh Bapak Drs. Dermawan, M.Si, Narasumber Daerah terdiri atas Perguruan Tinggi dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN SUSKA RIAU, Bapak Dr. Rodi Wahyudi, S.Sos, M.Sos, Sc, dari Komisi Pemilhan Umum Daerah Kab. Bengkalis, Ibu Elmiwati Safarina, S.Pd.I, Perwakilan Bawaslu, Bapak Usman, SE.I dan Peningkatan Kapasitas melalui Anggota DPRD Provinsi Riau, Ibu Hj. Mira Roza, SH.

 

Hadir dalam acara ini bapak Drs. H Raja Arlingga selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Bengkalis dan sekaligus membuka acara pelatihan secara resmi. Dalam pidatonya menyampaikan untuk meningkatkan Pemahaman Politik khususnya bagi perempuan dengan melakukan peningkatan terhadap Popularitas, Akseptabilitas, Dan Elektabilitas.

 

Image title

Image title

Image title

Image title

Sumber          : Bidang PPKG DinasP3AP2KB Provinsi Riau

Photographer : Dewi Roza, Provinsi Riau

Penulis           : Syarifah Lisa Darati M.Si, Antoni Subeno, SH

Editor             : Tetty Nurdianti, SE

Publish           : Muhammad Syafri,S.Kom