Jumat, 24 Mei 2024

Kamis, 23 Juli 2020 22:41

WUJUD KOMITMEN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK, PEMPROV RIAU IKUTI PERINGATAN HAN 2020 SECARA VIRTUAL

E-mail Cetak PDF



PEKANBARU – Wakil Gubernur Riau, H Edy Natar Nasution didampingi perwakilan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, OPD terkait dilingkungan Pemprov Riau, Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, Organisasi/Lembaga terkait dibidang pemenuhan hak dan perlindungan anak, serta Pengurus Forum Anak Nasional dan Provinsi mengikuti rangkaian acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis (23 Juli 2020).

 

Peringatan HAN yang mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” ini mengedepankan konsep gembira dirumah dimana anak-anak diharapkan mampu melaksanakan aktifitas kesehariannya mulai dari belajar, bermain hingga istirahat dengan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta mampu memanfaatkan waktu luang yang tersedia luas saat ini untuk terus belajar dan mengembangkan diri dengan hati yang gembira.

 

Presiden RI, bapak Ir Joko Widodo dalam perhelatan HAN tahun ini berkesempatan menyapa anak-anak diseluruh Indonesia melalui rekaman video. Dalam rekaman berdurasi tiga menit tersebut Presiden RI yang tampil didampingi Ibu Negara, Iriana mengutarakan hal yang selalu membuatnya bahagia saat melakukan kunjungan kerja diseluruh pelosok tanah air. “Ada satu hal yang selalu membuat Saya dan Ibu Iriana semangat bekerja, yaitu melihat anak-anak tersenyum”, Ungkapnya.

 

Namun demikian pandemi Covid-19 yang sedang melanda tanah air saat ini turut menjadi perhatian pemerintah, terutama terkait upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak yang tak luput terimbas. “Anak-anak terus belajar ya, jangan lupa untuk tetap rajin beribadah, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi ini segera berlalu”, harapnya.

 

Ungkapan hati Presiden terkait pandemi Corona ini tentunya mewakili keprihatinan yang dirasakan seluruh elemen bangsa, tidak hanya pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan orangtuapun merasakannya. Karena dampak terbesar yang dirasakan saat ini selain sektor kesehatan dan ekonomi, tentunya juga terkait upaya pemerintah dalam pemenuhak hak dan perlindungan anak. Anak-anak dimasa pandemi ini dipaksa untuk memulai kebiasaan baru dengan tidak bisa pergi kesekolah bertemu teman-teman dan bahkan tidak bisa bermain diluar rumah karena harus berjarak untuk sementara waktu. “Namun ingatlah anak-anak tidak sendiri karena teman-teman, bapak ibu disekolah dan orangtua juga merasakan hal yang sama, untuk itu manfaatkan waktu dirumah dengan hal-hal yang positif, kreatif dan inovatif”, pesan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga dalam sambutannya.

 

Pada akhir acara, Wakil Gubernur Riau beserta undangan berkesempatan memberi ucapan selamat HAN 2020. “Selamat Hari Anak Nasional 2020, Anak Terlindungi Indonesia Maju”, ujar Wagubri dan undangan dengan kompaknya.

 

Image title

Image title

Image title

 

(TMC-DP3AKBRIAU)