Jumat, 24 Mei 2024

Minggu, 06 Juni 2021 08:27

Manajemen Emosi Orang Tua Saat Mendampingi Anak Daring

E-mail Cetak PDF

Dalam rangka meningkatkan pelayanan pusat pembelajaran keluarga atau disingkat dengan Puspaga pada DP3AP2KB Provinsi Riau yangmana memberikan informasi, edukasi, dan konseling tentang pengasuhan berbasis hak-hak anak kepada calon orang tua, orang tua, atau yang bertanggung jawab atas pengasuhan anak dikeluarga. Padi Puspaga (Pelayanan Digital Pusat Pembelajaran Keluarga) merupakan inovasi yang dilakukan sebagai solusi atas kebutuhan masyarakat untuk tetap dapat mengakses pelayanan Puspaga dimasa pandemi Covid 19 tanpa harus berkumpul. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan edukasi tentang pengasuhan anak yang disesuaikan dengan topik-topik terkini yang ada di masyarakat dengan mendatangkan profesional yang ahli dibidangnya, yang mana pada akhirnya bisa menambah pengetahuan masyarakat tentang pengasuhan anak.

Pandemi covid 19 sudah berlangsung setahun lebih. Hal ini berdampak banyak dalam segala segi kehidupan, termasuk dunia pendidikan.  Sejak ada pandemi ini, metode belajar berubah dari tatap muka menjadi PJJ (pelajaran jarak jauh).  orang tua pun ikut terlibat dalam Proses belajar mengajar ini.

Kehidupan yang makin sulit serta adanya tuntutan untuk mengajar anak membuat banyak orang tua tidak bisa mengontrol emosi saat mendampingi anak PJJ.  Adanya fenomena ini jadi tema untuk Kegiatan ini.

Kegiatan Ngobrol Asik Parenting dilaksanakan pada hari sabtu pagi 5 Juni 2021 pukul 10:00 wib. Tempat pelaksanaan:  Diruangan Bidang KTKPHA dan disiarkan secara Live melalui akun instagram Puspaga Riau: @Puspaga.Riau diikuti oleh sekitar 44 orang masyarakat di Riau melalui akun instagram masing-masing. Masyarakat antusias mengikuti live ini.  Dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yg disampaikan.

Kegiatan ini dipandu oleh Ns. Anggi Wahyuni,S.Kep Kesi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan, Pendidikan, Kesehatan Dasar, dan Kesejahteraan DP3AP2KB Provinsi Riau sebagai Host dan menghadirkan Psikolog T. Vivi Pratiwi.,M.Psi.,Psikolog sebagai narasumber, serta didukung penuh oleh Kabid KTKPHA bu Sri Gemala Melayu, ST, Msi.

“kegiatan ini sangat bagus. Perlu dilanjutkan dengan tema-tema lainnya. Untuk masyarakat Riau, ayo manfaatkan pelayanan konseling di Puspaga ungkap ibu T. Hidayati Effiza Selaku Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau.

Image title

Penulis : Tetty Nurdianti, SE

Publis : Muhammad Syafri