Jumat, 24 Mei 2024

Rabu, 07 Juli 2021 21:55

MEMPERKUAT KELEMBAGAAN SEKOLAH RAMAH ANAK DAN MEMPERCEPAT PROVINSI RIAU MENJADI PROVINSI LAYAK ANAK

E-mail Cetak PDF

Image title


PEKANBARU, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendaian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau melalui Bidang Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak melaksanakan kegiatan Bimtek Konvensi Hak Anak (KHA) bagi tenaga kependidikan di Sekolah Ramah Anak (SRA) tingkat SMA/Sederajat tahun 2021 di Provinsi Riau. Kegiatan berlangsung selama 2 hari Selasa dan Rabu dari tanggal 06-07 Juli 2021 di Fave hotel dengan menerapkan protokol kesehatan, dan secara virtual melalui zoom meeting. Adapun peserta sebanyak 30 orang, terdiri dari 2 orang dari masing-masing sekolah yaitu unsur Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling dari 15 sekolah tingkat SMA sederajat di Provinsi Riau. Serta peserta virtual melalui Zoom sebanyak 100 orang dari 12 Kab/Kota.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut bertujuan memperkuat kelembagaan Sekolah Ramah Anak Tingkat SMA Sederajat se Provinsi Riau melalui Bimbingan Teknis Konvensi Hak Anak sehingga mempercepat terwujudnya Provinsi Riau sebagai Provinsi Layak Anak melalui Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak pada Bidang Pendidikan (Klaster IV KLA).

Pemerintah membuat suatu kebijakan perlindungan anak di satuan pendidikan yang dinamakan Sekolah Ramah Anak, ini merupakan amanat untuk melindungi anak selama mereka berada di sekolah dan memenuhi hak-hak anak terutama dibidang pendidikan.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, ibu Dra. Hj. T. Hidayati Effiza, MM. Untuk kemudian dipimpin oleh Kepala Bidang KTKPHA ibu Sri Gemala Melayu, ST,MSi dalam tiap sesinya. Adapun pembicara diacara tersebut terdiri; 1 orang narasumber pusat dari Yayasan Bahtera Indonesia Bandung yang merupakan mitra kerja UNICEF dan KemenPPPA. 2 orang narasumber daerah dari Yayasan Intan Payung Riau. Serta 1 orang dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Dalam sambutannya kepala DP3AP2KB Provinsi Riau, ibu Dra. Hj. T. Hidayati Effiza, MM. mengungkapkan "Secara pribadi saya berharap bapak/ibu penyelenggara pendidikan di tingkat SMA sederajat yang hadir mampu Menggali informasi sebanyak-banyaknya kepada pemateri terkait konsep kebijakan Sekolah Ramah Anak maupun substansi Konvensi Hak Anak agar kedepannya program ini dapat berjalan optimal sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan baik oleh anak maupun bagi pembangunan di Provinsi Riau secara menyeluruh", ungkapnya.

Image title

Image title

Sumber : Tim Media Center DP3AP2KB Provinsi Riau

Penulis : Rizky Kurniawan, SE

Editor : Tetty Nurdianti, SE

Publish : Muhammad Syafri, S.Kom