Jumat, 24 Mei 2024

Minggu, 31 Oktober 2021 10:16

Buka Rakortek KLA, Asisten I Ingin Riau Layak Anak Di 2024

E-mail Cetak PDF

PEKANBARU [DP3AP2KB] – Bertempat di Hotel Prime Park Pekanbaru, Dinas P3AP2KB Provinsi Riau menaja kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) se Provinsi Riau, Kamis (28/10/2021).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Provinsi Riau tersebut dihadiri 10 orang perwakilan lintas OPD terkait tingkat Provinsi, serta 24 orang utusan Kabupaten/Kota yang terdiri dari Gugus Tugas KLA dan Kepala Dinas pengampu urusan Perlindungan Anak.

Dari laporan yang disampaikan Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Tengku Hidayati Effiza, terdapat 10 kabupaten/kota di Riau yang mendapat penghargaan KLA Tahun 2021, dengan 2 daerah di tingkat Nindya, 4 Madya, serta 4 lainnya di Pratama. sedangkan 2 daerah yang belum meraih penghargaan adalah Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Rokan Hilir.

“Dari Sepuluh Kabupaten/Kota penerima Penghargaan KLA tersebut, ada Dua Kabupaten yang mengalami peningkatan yaitu Kabupaten Rokan Hulu yang pada tahun-tahun terdahulu belum mendapatkan penghargaan, namun tahun ini mampu melesat pesat dengan menempati peringkat Madya, serta Kabupaten Kampar yang sebelumnya berada di Pratama naik ke Madya”, ungkapnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Jenri Salmon Ginting, yang ditugaskan mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Riau, menyambut baik komitmen pemerintah kabupaten/kota dalam mewujudkan KLA didaerahnya. Hal positif ini menurut Jenri Salmon Ginting harus terus ditingkatkan agar mimpi mewujudkan Riau sebagai tonggak kokoh dalam mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) di Tahun 2030 dapat terealisasi.

“Jika IDOLA 2030, Riau Layak Anak harus bisa kita wujudkan di tahun 2024, saya optimis dengan kebersamaan kita bisa”, tegas Asisten I.

Pemerintah Provinsi menurut Asisten I juga menaruh harap besar kepada Kementerian PPPA RI agar senantiasa memberikan bimbingan dan tunjuk ajarnya kepada kabupaten/kota di Provinsi Riau.

“Berikanlah informasi dimana letak kekurangan dan kelemahan yang harus kami perbaiki, sehingga pengalokasian sumberdaya daerah bisa lebih terfokus dan tidak terbuang sia-sia, karena sebagaimana pesan Bapak Gubernur, insyaallah baik Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota siap memberikan dukungan yang total demi terpenuhi dan terlindunginya hak-hak anak di Provinsi Riau”, pungkasnya.

Pada Rakortek kali ini juga dilakukan penyerahan Piala dan Piagam Penghargaan KLA Tahun 2021 kepada Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti yang berhalangan hadir pada saat penyerahan di pusat karena keterbatasan anggaran. Piala dan Piagam tersebut diserahkan langsung oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPPA RI, Sri Prihantini L Wijayanti.

Image title

Image title

Image title

Image title

Sumber           : Bidang KTKPHA Dinas P3AP2KB Provinsi Riau

Photographer : Rizky Kurniawan

Penulis           : Rizky Kurniawan

Editor             : Sri Gemala Melayu, ST.,M.Si

Publish          : Muhammad Syafri, S.Kom