Jumat, 24 Mei 2024

Senin, 21 Februari 2022 10:18

PERSIAPKAN LAUNCHING BERSAMA DRPPA, DINAS P3AP2KB PROVINSI RIAU LAKUKAN PERTEMUAN DENGAN DPPPA BENGKALIS DAN INDRAGIRI HULU

E-mail Cetak PDF

PEKANBARU [DP3AP2KB] – Pembangunan yang berperspektif ramah perempuan dan peduli pemenuhan hak serta perlindungan khusus anak di Indonesia perlu penanganan dari tingkat Desa. Hal ini melatarbelakangi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Republik Indonesia bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melahirkan program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA).

“DRPPA ini merupakan salah satu dari lima Isu Prioritas yang menjadi arahan Bapak Presiden dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tahun 2020-2024”, ujar Sri Gemela Melayu kepada Tim Media DP3AP2KB.

Melalui Keputusan Menteri PPPA RI Nomor 70 Tahun 2021, pemerintah pusat telah menetapkan Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Bengkalis sebagai 2 wilayah model percontohan DRPPA di Provinsi Riau. Dimana untuk Kabupaten Bengkalis diwakili Desa Bantan Timur, dan Indragiri Hulu diwakili Desa Japura.

Image title

Sebagai salah satu program prioritas lintas kementerian yang baru lahir, DRPPA dipandang perlu untuk disosialisasikan secara luas kepada masyarakat agar program ini dapat berjalan optimal, dimana salah satu upaya penyebarluasan informasi dimaksud diagendakan berbentuk launching bersama.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan Launching Bersama DRPPA Riau, Dinas P3AP2KB Provinsi Riau melakukan rapat kerja bersama Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Indragiri Hulu di Aula Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Kamis (17/02/2022).

Pertemuan yang dipimpin Fasilitator DRPPA Provinsi Riau, Sri Gemala Melayu (Kabid Kelembagaan Tumbuh Kembang dan Pemenuhan Hak Anak) serta Efia Nurita (Kabid Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak) ini menyepakati kegiatan Launching Bersama akan dilaksanakan pada bulan Maret 2022, dimana Provinsi bertindak sebagai pembimbing dan pengawas mengharapkan adanya kerjasama yang baik agar program DRPPA ini sukses dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Dimana sesuai rencana yang sudah kita sepakati insyaallah bulan maret bisa dilaksanakan Pelatihan SAPA yang kemudian dilanjutkan pelaksanaan launching DRPPA bersama bapak Gubernur”, ungkapn Sri Gemala Melayu.

Untuk itu Sri Gemala Melayu berharap pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Indragiri Hulu dapat mempersiapkan sebaik mungkin desa yang telah dipilih sebagai Model sesuai dengan indikator-indikator DRPPA Sehingga Launching DRPPA Provinsi Riau dapat segera kita laksanakan.*

Image title

Sumber : Bidang Kelembagaan Tumbuh Kembang dan Pemenuhan Hak Anak (KTKPHA)