Jumat, 24 Mei 2024

Minggu, 19 Februari 2023 10:54

Dorong Kuantan Singingi Raih Penghargaan KLA 2023, DP3AP2KB Provinsi Riau Perkuat Peran Gugus Tugas

E-mail Cetak PDF


Taluk Kuantan – Dalam rangka meningkatkan komitmen dan keberfungsian Gugus Tugas Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Kabupaten Kuantan Singingi, Dinas P3AP2KB Provinsi Riau melakukan pembinaan sekaligus evaluasi pelasaksanan KLA Tahun 2023 di Kabupaten Kuantan Singingi, Jum’at (17/02/2023).


Hadir pada pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) tersebut Sekretaris Daerah Dedy Sambudi, didampingi Asisten III Muradi, Kepala Dinas P2KBP3A Rustam, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait yang tergabung dalam Gugus Tugas KLA Kabupaten Kuansing.


Dedy Sambudi menyambut baik kehadiran Tim Gugus Tugas Provinsi yang dipimpin Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau Hj Fariza di kota jalur. Menurut Sekda Kuansing, Kabupaten/Kota Layak Anak merupakan komitmen bersama yang sejalan dengan visi misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, untuk itu sudah selayaknya diwujudkan.


“Kita mendorong seluruh OPD dan pihak terkait untuk memenuhi komponen yang terdapat pada indikator KLA, jika diperlukan dengan dukungan anggaran kita akan fasilitasi”, ujar Sekda dengan semangatnya.


Hal ini menurut Dedy Sambudi ditujukan agar cita-cita Kuantan Singingi meraih penghargaan KLA di tahun 2023 dapat terwujud. Untuk itu Sekda Kuansing memerintahkan Kepala Dinas P2KBP3A Kuansing agar mengakomodir semua masukan dari provinsi, termasuk membuat grup whatsapp agar mempermudah koordinasi antar anggota Gugus Tugas dengan melibatkan bapak Plt Bupati, dan mengagendakan pertemuan lanjutan membahas progress pengumpulan evidence (bukti dukung) dari masing-masing OPD.

“Kita komit dan optimis dapat mewujudkan KLA di Kuansing, untuk itu seluruh pihak harus terllibat secara aktif”, pungkasnya.


Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau dalam paparannya menyampaikan capaian Evaluasi KLA Kabupaten/Kota se Provinsi Riau Tahun 2022, dimana Kuantan Singingi menjadi satu-satunya kabupaten yang hingga saat ini belum meraih predikat KLA.


“Kami dari Pemerintah Provinsi Riau akan selalu memberikan bimbingan dan support kepada Kuansing agar mampu meraih anugerah KLA tahun ini, dan kami optimis hal ini bisa terwujud karena didukung dengan komitmen bapak Plt Bupati dan Sekda”, ujar Hj Fariza.


Dari hasil Evaluasi KLA Tahun 2022, Kuantan Singingi pada tahap Evaluasi Mandiri berhasil mengumpulkan skor 720,95, namun setelah di Verifikasi Administrasi turun menjadi 371,30. Hal ini menurut Kadis P3AP2KB Provinsi Riau diantaranya dikarenakan masih adanya evidence yang dilampirkan belum disahkan pejabat berwenang, dan foto yang dilampirkan tidak disertai dengan penjelasan yang lengkap/jelas.


“Kami berharap pada evaluasi tahun ini Kuansing dapat melengkapi semua evidence sesuai ketentuan di Juknis (Petunjuk Teknis) KLA, dan nantinya kami dari provinsi akan menyediakan tools yang diharapkan dapat membantu OPD dalam mempersiapkan dokumen pendukungnya”, pungkasnya.


Turut hadir mendampingi Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Asfeni selaku Kepala Bidang Kelembagaan Tumbuh Kembang dan Pemenuhan Hak Anak, Anggi Wahyuni dan Santi selaku Analis Kebijakan Ahli Muda, serta Operator KLA Provinsi.

Image title

Image title

Image title

Sumber : Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau