Jumat, 24 Mei 2024

Senin, 29 Juni 2020 19:51

LAKSANAKAN PERINGATAN HARGANAS TINGKAT PROVINSI, RIAU TARGETKAN 23.603 AKSEPTOR KB

E-mail Cetak PDF

 

PEKANBARU – Bertempat di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau bekerjasama dengan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau melaksanakan Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-27 Tingkat Provinsi yang diikuti Bupati/Walikota dan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota secara Virtual, Senin (29/06/2020).


Kegiatan yang mengusung tema “Satukan Gerak Dalam Membangun Keluarga Berkualitas” ini dibuka langsung oleh Gubernur Riau, H Syamsuar. Tampak hadir mendampingi Gubernur Riau yang bergelar adat Datuk Seri Setia Amanah ini Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Hj Misnarni Syamsuar dan Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Riau Hj Mulyati Edy, Sekretaris Daerah Provinsi Riau H Yan Prana Jaya, perwakilan dari anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Plt Kepala Perwakilan BKKBN, Organisasi Perangkat Daerah terkait dilingkungan Pemprov Riau, Ketua Dharma Wanita Persatuan Pemprov Riau serta perwakilan dari Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, BKOW, IDI dan IBI Provinsi Riau.


Meski Indonesia dan Riau khususnya saat ini masih terdampak pandemi Covid-19, Gubernur Riau tetap menaruh harap agar keluarga sebagai salah satu sumber kekuatan penting dalam membangun bangsa dapat berperan aktif ditengah masyarakat, agar ketahanan keluarga dapat terwujud. “Penting bagi kita semua untuk menjadikan momentum Hari Keluarga Nasional ini sebagai momen menggugah kesadaran keluarga dalam menciptakan lingkungan yang nyaman, aman dan kondusif agar memperkuat ketahanan keluarga dengan melakukan 4 penerapan pendekatan ketahanan”, ujar H Syamsuar dalam sambutannya.


Keempat Pendekatan Ketahanan Keluarga tersebut adalah keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, serta keluarga peduli dan berbagi sebagai penopang utama program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (BANGGA KENCANA).

 


Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Tengku Hidayati Effiza dalam laporannya menyampaikan pada Peringatan Harganas tahun ini ada salah satu agenda nasional yaitu Pelayanan KB Sejuta Akseptor. Kegiatan yang dicanangkan pusat bekerjasama dengan Musium Rekor Indonesia (MURI) ini ditargetkan 23.603 Akseptor KB nya berasal dari Provinsi Riau. Selain itu kegiatan ini juga memberikan penghargaan kepada Tenaga Ahli Lini Lapangan dan Pasangan KB Lestari 20 Tahun, Penyerahan Alat Kontrasepsi berupa Pil KB dan Kondom secara simbolis, serta Pemotongan Tumpeng oleh Gubernur Riau yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau. (TMC-DP3AKBRIAU)