Jumat, 24 Mei 2024

Selasa, 27 Oktober 2020 12:31

TINGKATKAN KUALITAS KELUARGA, DINAS P3AP2KB PROVINSI RIAU LAKSANAKAN PEMBINAAN KETAHANAN KELUARGA DI KEPULAUAN MERANTI

E-mail Cetak PDF



Bertempat di Aula Gedung Biru Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (22/10/2020), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau mengadakan kegiatan Pembinaan Ketahanan Keluarga dalam rangka Peningkatan Ketahanan dan Kesejateraan Keluarga yang diikuti peserta dari unsur ASN Dinas terkait, Organisasi Perempuan, Lembaga Masyarakat, Kader Desa/Kader PKK di Kabupaten Kepulauan Meranti.

 

Hadir pada kegiatan tersebut Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, H Rosdaner, Kadinsos P3AP2KB, Agusyanto, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Lurah serta Tim Penggerak PKK di negeri yang terkenal dengan ragam kuliner berbahan dasar sagunya ini. Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti dalam sambutannya mengajak seluruh peserta dan undangan yang hadir untuk meningkatkan sinergi dalam membangun ketahanan keluarga di Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal ini dimaksudkan agar pembangunan dapat lebih merata dan dirasakan oleh seluruh masyarakat.

 

“Upaya peningkatan ketahanan keluarga menjadi penting dilaksanakan untuk mengurangi dan mengatasi berbagai masalah yang menghambat pembangunan nasional, karena dalam konteks pembangunan sosial, pembangunan keluarga merupakan salah satu isu tematik yang sangat penting dan harus diperhatikan” ungkap H Rosdaner saat membacakan Sambutan Sekretaris Daerah.

 

Pada acara ini Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau yang diwakili Sekretaris Dinas, H Apandi, mengatakan ketahanan keluarga yang ingin dicapai pada kondisi saat ini adalah dimana keluarga mempunyai kemampuan untuk menghadapi perubahan-perubahan, masalah dan tantangan sehingga keluarga dapat berjalan terus dalam mencapai kesejahteraan agar tercipta bangsa yang kuat dan tangguh yang dapat diukur dari 5 dimensi ketahanan keluarga yaitu Landasan Legalitas dan Keutuhan Keluarga, Ketahana Fisik, Ketahanan Ekonomi, Ketahanan Sosial Psikologi, serta Ketahanan Sosial Budaya.

 

  • “Ketahanan Keluarga menjadi semakin penting saat ini terutama dalam situasi pandemi COVID-19 yang telah merubah sebahagian tatanan kehidupan dan kita dituntut untuk tetap survive dalam menghadapinya, Demikian juga masih adanya gangguan tumbuh kembang yang terjadi pada anak sehingga perkembangan fisik dan otaknya terganggu (Stunting) yang saat ini tengah digalakkan pemerintah dengan Program Konvergensi Stunting”, ungkapnya.

  • Pada kegiatan ini dihasilkan kesepakatan bersama yang diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh seluruh lintas sektor yang hadir. Selain di Kabupaten Kepulauan Meranti, kegiatan pembinaan ini juga akan dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Pelalawan.

Image title

Image title

Sumber : Bidang KSDI

Penulis : Rizky Kurniawan

Editor : Nofrelta, SE., M.Kes.