Jumat, 24 Mei 2024

Jumat, 25 Juni 2021 08:58

Turunkan Angka Stunting, Pemprov Riau Tingkatkan Komitmen Melalui Kerjasama Dengan Dunia Usaha

E-mail Cetak PDF

PEKANBARU – Tim Penggerak PKK bersama Provinsi Riau melalui OPD terkait seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau dan  dunia  usaha  seperti  PT. RAPP (Group APRIL) membangun komitmen dan koordinasi dalam pelaksanaan konvergensi sebagai upaya percepatan menurunkan angka stunting di Provinsi Riau dengan melaksanakan kegiatan Gerakan Tim Penggerak PKK dalam menurunkan angka Stunting yang pencanangannya oleh Gubernur Riau di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau pada Rabu 23 juni 2021.

Gubernur Riau, Syamsuar dalam sambutannya yang diikuti secara virtual oleh Kabupaten/Kota dan lembaga lintas sektoral di Provinsi Riau mengatakan pentingnya komitmen dan kerjasama antara pemerintah dan pihak swasta dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam pelaksanaan konvergensi penurunan angka stunting di Provinsi Riau, dimana pada tahun 2024 ditargetkan menjadi 14 persen.

“Prevalensi stunting di Provinsi Riau pada tahun 2019 berdasarkan data survei status gizi balita Indonesia adalah 23,7%, angka ini menunjukkan penurunan dari tahun 2018 yaitu 27,4%. Menurut WHO angka prevalensi ini masih menjadi masalah dalam kesehatan masyarakat karena angkanya masih di atas 20%”, ungkap Gubernur Riau.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Hj Misnarni, Wakil ketua I beserta pengurus, Forkompinda, Direktur PT. Riau Andalan Pulp and Peper (RAPP) Mulia Nauli, Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau Tengku Hidayati Effiza, Dinas Kesehatan, Bapedalitbang, Diskominfotik, Ketua IKAPTK, Ketua IBI, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia, serta Kepala BKKBN RI, Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) sebagai pemateri yang disampaikan secara virtual.

Image title

Dalam acara ini PT. RAPP juga menyerahkan bantuan 10.400 paket makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita stunting melalui Tim Penggerak PKK Provinsi Riau. Direktur RAPP mengatakan program penurunan angka stunting ini merupakan salah satu komitmen APRIL 2030 dalam mendukung kemajuan inklusif melalui program pemberdayaan masyarakat karena program ini selaras dengan pemerintah melalui Tim Penggerak PKK Provinsi. “ungkap Mulia Nauli.

Image title

Sumber : Bidang Keluarga Sejahtera, Data dan Informasi (KSDI)

Photographer : Eka Nopriadi, S.Kom

Penulis : Tetty Nurdianti, SE

Publish : Muhammad Syafri. S.Kom