Jumat, 24 Mei 2024

Rabu, 30 Juni 2021 09:11

PERINGATI HARGANAS 2021 WAPRES TEKANKAN PERCEPATAN PENURUNAN ANGKA STUNTING

E-mail Cetak PDF



JAKARTA [DP3AP2KB] – Menyambut Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-28 Tahun 2021, Selasa (29/06/2021), Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin secara resmi meluncurkan program Vaksinasi bagi Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak 12-18 Tahun.

Dengan mengusung tema “Keluarga Keren Cegah Stunting”, kegiatan yang turut dihadiri Pemerintah Provinsi Riau bersama instansi dan lembaga terkait secara virtual di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau ini menekankan pentingnya peran keluarga dalam tumbuh dan kembang anak, karena dalam menurunkan angka stunting ini peran keluarga sangat besar.

“Keluarga paling tidak mempunyai delapan fungsi, yakni agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan,” kata Wapres melalui konferensi video.

Wapres menyampaikan, Pemerintah juga telah menggiatkan berbagai upaya intervensi dalam mendukung peningkatan kualitas gizi dan kesehatan pada anak serta ibu hamil seperti penyediaan air bersih (sanitasi), pendidikan usia dini, akses pangan bergizi, juga perilaku hidup bersih dan sehat.

“Semua intervensi yang dilakukan pemerintah tersebut tidak akan efektif bila keluarga tidak mengambil peran aktif untuk memperhatikan kualitas hidupnya, karena keluarga memiliki peran signifikan dalam mencegah maupun penanggulangan stunting mengingat masalah gizi sangat erat kaitannya dengan ruang lingkup keluarga”, ungkap Wapres.

“Saya mengingatkan bahwa target percepatan penurunan stunting adalah 14 persen pada tahun 2024, oleh karena itu untuk mencapai target tersebut agar BKKBN berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait karena percepatan penurunan angka stunting tidak mungkin dilakukan oleh satu lembaga saja”, tegas mantan Ketua MUI Pusat tersebut.

Koordinasi ini sangat penting karena penanganan stunting memerlukan kerjasama berbagai kementerian dan lembaga yang memliki program atau kegiatan yang memang merupakan bagian dari tupoksinya tapi diperlukan untuk membantu percepatan penurunan prevalensi stunting.

Image title

Image title


Sumber : Tim Media Center DP3AP2KB Provinsi Riau
Photographer : Rizky Kurniawan, SE
Penulis : Rizky Kurniawan, SE
Editor : Tetty Nurdianti, SE
Publis: Muhammad Syafri, S.Kom