Jumat, 24 Mei 2024

Rabu, 04 Agustus 2021 13:46

Rapat Penyusunan Program Kerja Dan Percepatan Kegiatan PPRG Provinsi Tahun 2021

E-mail Cetak PDF



Pekanbaru, 30 Juni 2021 [DPPPAPPKB] mengadakan rapat virtual Meeting terkait PPPRG Provinsi Riau, Pengarusutamaan gender (PUG) sebagai strategi dalam pelaksanaan seluruh proses pembangunan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan fungsional semua instansi dan lembaga pemerintah. Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) merupakan perencanaan yang disusun dengan mempertimbangkan empat aspek yaitu: akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat yang dilakukan setara antara perempuan dan laki-laki.

Dalam rangka mendorong, mengefektifkan, serta mengoptimalkan upaya pengarusutamaan gender secara terpadu dan terkoordinasi perlu dilakukan monitoring dan evaluasi. Dinas Pemeberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluaraga Berencana Provinsi Riau melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender, melaksanakan kegiatan  Rapat yang dibuka oleh Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Ibu Dra. Hj. T. Hidayati Effiza, MM untuk kemudian dipimpin oleh kepala bidang PPKG ibu Dra. Devi Rusanti, MM dalam setiap sesi. Acara ini dihadiri oleh Bappedalitbang Provinsi Riau sebagai Ketua Pokja dan turut hadiri Fasilitator PPRG Fasilitator PUG di Provinsi Riau sebanyak 24 orang yang berasal dari beberapa instansi antara lain: DP3AP2KB Provinsi Riau, Bappedalitbang Provinsi Riau, UNRI, Widyaiswara, Pemko Kota Pekanbaru, Inspektorat dan Lembaga Masyarakat. Acara ini dilakukan di Aula DP3AP2KB serta peserta menggunakan  Virtual Meeting menerapkan Konsep PPKM Level 4.

Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Provinsi Riau telah mengacu kepada Strategis Nasional Percepatan Pengarusuutamaan Gender, dan Gubernur Riau melalui Kepala Dinas DPPPAP2KB telah membuat surat Keputusan tentang Penunjukan Fasilitator Pengarusutamaan Gender tahun 2021, dalam rangka pendampingan masukan dan sarana dalam upaya Strategi Pengintegrasian percepatan Pengarusutamaan Gender disetiap Organisasi perangkat Daerah melalui Perencanaa, Penyusunan, Pelaksanaa, Penganggaran, Pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan ujar Hidayati Effiza .

Pelaksanaan 7 Prasyarat PUG di Provinsi Riau dalam pelaksanaan Evaluasi APE Tahun 2020 mempunyai datanya sebagai berikut :

Pada Indikator A.

  1. Komitmen : yang dituangkan dalam Peraturan Gubernur nomor 18 tahun 2018 tentang Pedomaman Pelaksanaan PUG di Provinsi Riau

  2. Kebijakan : dituangkan dalam dokumen RPJMD yang responsive Gender, untuk Dokumen Renstra baru 16 OPD dengan dokumen Renstra RG Perlu dilakukan Penguatan terhadap Pedoman Penyusunan RKA –PD

  3. Kelembagaan : Pemenuhan SDM yang menangani Urusan Kesetaraan Gender, Pokja PUG, Tim Teknis PUG, Drivers dan Focal Point Belum adanya Dokumen Rencana Aksi Daerah PUG dan Rencana Kerja Pokja PUG SDM DAN ANGGARAN : ketersediaan Sertifikat Perencana PD, Fasilitator PUG Dinas, OPD lain, Perguruan Tinggi.

  4. Anggaran : Fasilitasi PUG, Alokasi PUG Kab/Kota Anggaran PD Bappeda, BPKAD, Inspektorat Mendorong Alokasi Anggaran untuk dilakukan Pembinaan PUG di setiap Perangkat Daerah Ketersediaan Anggaran Responsif Gender yang masih Rendah

  5. Data dan Informasi : ketersediaan data terpilah untuk PD baru ada sebanyak 13 OPD. Mendorong lebih banyak lagi ketersediaan data terpilah pada setiap OPD sesuai dengan Tugas dan Fungsi OPD masing-masing. PEDOMAN dan METODE : Belum adanya Panduan Teknis yang disusun Oleh daerah terkait pelaksanaan PUG di daerah Membuat Panduan Teknis seperti Penyusunan RPJMD Kab/Kota yang Responsif Gender dan RENSTRA OPD yang Responsif Gender.

  6. Peran Serta Masyarakat : Keterlibatan Masyarakat, Dunia Usaha, Lembaga Masyarakat, Perguruan Tinggi dalam upaya Pengarusutamaan gender sesuai dengan Bidang masing-masing.

  7. Pelaksanaan PUG di Provinsi Riau Kebijakan : Seperti Perda Perlindungan Anak Pergub RAS TPB SDG’s

Tentu Kedepannya Pemerintah Provinsi Riau melalui DP3AP2KB Provinsi Riau terus melakukan inovasi dalam rangka percepatan pelaksanaan PPRG memalui Warung PPRG dan PPRG Online, serta mengikuti beberapa lomba inovasi yang berhubungan dengan PUG tentu Diharapkan APE untuk Tahun 2022 pelaksanaan PUG di Provinsi Riau lebih ditingkatkan lagi.

Image title

Image title

Sumber : Bidang PPKG Dinas P3AP2KB Provinsi Riau

Penulis : Kumalasari, SHI, MH,

Editor : Tetty Nurdianti, SE

Publis : Muhammad Syafri, S.Kom