Jumat, 24 Mei 2024

Rabu, 15 September 2021 16:04

Peningkatan Kapasitas Pengelola Dan Pelaksana Pusat Informasi Dan Konseling Remaja(PIK-R)

E-mail Cetak PDF


PEKANBARU – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola pusat informasi konseling remaja (PIK-R) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Provinsi  Riau melalui Bidang Keluarga Sejahtera Data dan Informasi melaksanakan kegiatan peningkatan pengelola dan pelaksana pusat infomasi dan konseling remaja (PIK-R) selama 2 (dua) hari yang berfokus di Hotel Dafam Pekanbaru, Selasa (13/9/2021).

Indonesia khususnya Provinsi Riau membutuhkan remaja-remaja yang unggul, yang menyelesaikan pendidikan dengan baik, mampu berkarir dalam pekerjaan, bisa merencanakan kehidupan berkeluarga, dan dapat berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, serta mempraktekkan pola hidup sehat, menjadi remaja berkualitas yang sehat juga berdampak positif terhadap upaya pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.

Image title

Menurut Sensus Penduduk 2020, jumlah remaja di Indonesia mencapai 64 juta atau sekitar 27,6% dari total penduduk Indonesia, Salah satu upaya mengatasi masalah-masalah remaja melalui program Generasi Berencana (GenRe) dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dan Bina Keluarga Remaja (BKR). Dilaksanakan Kegiatan pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pengelola dan pelaksana Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dalam mengembangkan program GenRe di Provinsi Riau.

Image title

Adapun yang menjadi peserta pada kegiatan ini sebanyak 26 orang terdiri dari: OPD KB Kab./Kota atau pembina Forum GenRe Kab/kota se Provinsi Riau dan Pengurus Forum GenRe Kab/Kota se Provinsi Riau. Tetap dengan prosedur protocol kesehatan. Dalam acara ini menghadirkan narasumber dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Ibu. Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si, yang menyampaikan materi tentang Arah Kebijakan Program GenRe dan Bapak Ns. Hary Surya Fitra, S.Kep., M.Kes Perwakilan PKBI Provinsi Riau yang menyampaikan materi tentang Kesehatan Reprodruksi Remaja. Kabid. KSPK BKKBN Provinsi Riau H. Said Masri, SH., M.Si dengan materi tentang Pengelolaan PIK Remaja dan Forum GenRe dan Perwakilan KPA Provinsi Riau Bapak Helmiyardi dengan materi tentang Hubungan HIV/AIDS dan penyalahgunaan NAPZA)

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Kelurga berencana Provinsi Riau Dra, H.T. Hidayati Effiza, MM yang dalam pidatonya menyampaikan harapan agar para peserta dapat memanfatkan kegiatan ini sebagai ajang penambah wawasan, saling tukar-menukar informasi dan pengalaman. Dapat mengikuti kegiatan ini dengan maksimal dan kembali meneruskan informasi serta pengetahuan kepada pengelola dan pelaksana PIK Remaja di kabupaten kota masing masing.

Image title

Sumber           : Bidang KSDI, DP3AP2KB Provinsi Riau

Photographer    : Agrina Yulita, S.Sos

Penulis             : Tetty Nurdianti, SE

Editor              : Masnihati Sulung, SE

Publish            : Muhammad Syafri, S.Kom