Jumat, 24 Mei 2024

Kamis, 23 September 2021 15:14

Menyelaraskan Kebijakan Pembangunan Keluarga Antara Pemerintah Pusat Dan Daerah

E-mail Cetak PDF


PEKANBARU –Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melaui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB)  Provinsi Riau mengadakan kegiatan koordinasi pelaksanaan kebijakan peningkatan kualitas keluarga dalam mewujudkan kesetaraan gender dan hak anak di Provinsi Riau di Aula DP3AP2KB Provinsi Riau pada tanggal 20 September 2021.

Image title

Dilaksanakannya kegiatan dimaksud bertujuan untuk menyelaraskan kebijakan pembangunan keluarga antara pemerintah pusat dan daerah, guna mengetahui keberhasilan, peluang hambatan dan tantangan pelaksanaan kebijakan pembangunan keluarga di Provinsi dan Kabupten/Kota, serta berbagai praktek baik pelaksanaan pembangunan keluarga di daerah dalam bentuk rencana aksi daerah yang selaras dengan kebijakan pembangunan kualitas keluarga.  Deputi Partisipasi Masyarakat yang diwakili oleh. Asisten Deputi Bidang Peningkatan Partisipasi Keluarga Bapak Priyadi Santosa dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran keluarga dalam upaya  menyelesaikan sinergi dan kerjasama dengan melihat berbagai indikator kualitas keluarga dan perlu melakukan berbagai intervensi sesuai tugas fungsi masing-masing pemerintah maupun lembaga masyarakat. Setiap lembaga penyedia layanan keluarga perlu menerapkan konsep Kesetaraan Gender dan hak anak serta memberikan layanan dan pemahaman tentang kedudukan laki-laki dan perempuan juga perlu dipertimbangkan dalam pemenuhan hak anak.

Acara dilakukan secara virtual yang di ikuti oleh 7 OPD Se Provinsi Riau terkait antara lain; Bapeda Provinsi dan Kab/Kota, OPD PPPA Kab/Kota, OPD KB Kab/Kota, Kemenag Provinsi dan Kab/Kota dan Ketua TPPKK Provinsi Riau, dengan narasumber dari DP3AP2KB Provinsi Riau yang diwakili oleh ibu Dra. Devi Rusanti, MM selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender, Ibu Dra. Dewi Setiawat, M.Si selaku Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil DPMDUKCAPIL Prov.Riau, Ibu Dra. Hj. Indah Heridah, MM selaku Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina Keluarga Sakinan Kanwil kementrian Agama Prov. Riau. Selaku moderator Ibu Masnihati Sulung, SE selaku Kepala Bidang Keluarga Sejahtera Data dan Informasi DP3AP2KB Prov. Riau

Image title

Sumber          : Bidang Keluarga Sejahtera, Data dan Informasi (KSDI)

Photographer : Eka Nopriadi, S.Kom

Penulis           : Nofrelta, SE, M. Kes

Editor              : Tetty Nurdianti, SE

Publish           : Muhammad Syafri, S.Kom