Sabtu, 18 Mei 2024

Selasa, 05 Oktober 2021 15:29

Tingkatkan Sinergitas Antar OPD Se Provinsi Riau Dalam Penyediaan Data Gender Dan Anak Provinsi Tahun 2021

E-mail Cetak PDF

PEKANBARU –Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau melalui Bidang Keluarga Sejahtera Data dan Informasi mengadakan kegiatan rapat koordinasi dalam rangka Penyediaan Data Gender dan Anak Provinsi Riau tahun 2021 pada tanggal 4 Oktober  2021 di Aula DP3AP2KB Provinsi Riau secra virtual.

Image title

Dilaksanakannya kegiatan dimaksud bertujuan mensolialisasikan tentang Penyediaan Data Gender dan Anak pada OPD se Provinsi Riau sesuai dengan pedoman yang berlaku, tersedianya data dan Informasi gender pada masing-masing OPD yang akurat, meningkatkan komitmen daerah dalam penyediaan dan pemanfaatan data terpilah gender dan anak, meningkatkan efektifitas penyelenggaraan PUG dan PUHA di daerah  dan tersusunya data Gender dan Anak Provinsi sebagai pembuka wawasan dan acuan bagi para pengambil keputusan untuk mengidentifikasi perbedaan (kondisi dan Perkembangan) keadaan Laki-laki dan perempuan termasuk anak yang dapat menjadi bahan untuk mengevaluasi dampak dari intervensi pembangunan terhadap laki-laki dan perempuan, serta dapat mengidentifikasi masalah, membangun opsi dan memilih opsi yang paling efektif untuk kemaslahatan ketimpangan gender.

Mengingat Data dan informasi merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan pembangunan yang digunakan mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, implementasi sampai dengan evaluasi program atau pengukuran pencapaian kinerja pembangunan. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau sebagai Pembina Data Sektoral di daerah dapat membina OPD dalam meningkatkan data sektoral yang terpilah, Diskominfotik sebagai wali data di daerah dapat bersinergi dalam mewujudkan Data Gender dan Anak yang akurat dan terintegrasi pada Rumah Data demi mewujkan Satu Data Provinsi Riau.

Image title

Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau Ibu T. Hidayati Effiza, MM yang berkesempatan membuka secara resmi dalam sambutannya menyampaikan pentingnya data terpilah gender sebagai acuan dan pembuka wawasan dalam penyusunan program dan kegiatan yang responsive gender. Data terpilah juga menjadi poin penting dalam penilaian Anuggrah Parahita Eka Praya (APE) yang menjadi acuan penilaian kinerja Daerah dalam mendorong impelemtasi pelaksanaan Penggarusuramaan Gender (PUG) di Daerah setiap tahunnya. Untuk tahun 2021 ini APE DP3AP2KB Provinsi Riau masih pada perigkat madya karena masih adanya faktor pendukung pelaksanaan PUG yang belum maksimal salah satunya ketersedianya data terpilah gender pada OPD di Provinsi. Diharapkan dengan dilaksanakannya koordinasi ini dapat mensinergikan OPD se Provinsi dan Instansi terkait dalam penyediaan data gender dan anak provinsi yang kerkualiras dan terintegrasi dengan Rumah Data dan Satu data Provinsi Riau.

Acara dilakukan secara virtual yang di ikuti oleh 33 OPD Se Provinsi Riau, dengan narasumber dari DP3AP2KB Provinsi Riau yang diwakili oleh ibu Masnihati Sulung, SE selaku Kepala Bidang Keluarga Sejahtera Data dan Informasi, Ibu Ir. Rini Aspari, M.Si perwakilan dari Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, dan Ibu Ria Indah Sari, S.Si Perwakilan dari Diskominfotik Provinsi Riau. Selaku moderator Ibu Tetty Nurdianti, SE selaku Kepala Seksi Data dan Informasi DP3AP2KB Prov. Riau

Image title

Sumber            : Bidang Keluarga Sejahtera, Data dan Informasi (KSDI)

Photographer  : Eka Nopriadi, S.Kom

Penulis            : Tetty Nurdianti, SE

Editor              : Masnihati Sulung, SE

Publish           Muhammad Syafri, S.Kom