Jumat, 24 Mei 2024

Senin, 25 Oktober 2021 14:09

PROVINSI RIAU RAIH KATEGORI MADYA PADA APE 2021

E-mail Cetak PDF

PEKANBARU- Pemprov Riau dengan DP3AP2KB sebagai leading sector bersama OPD driver dalam tim Pengarusutaman Gender Provinsi terdiri dari, Inspektorat, BPKAD, dan Dinas Pemberdayaan MAaayrakat Desa serta tujuh pemerintah kabupaten dan kota di Riau meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Perempuan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI. Rabu, 13 Oktober 2021 di RCC secara virtual.

Image title

Penghargaan APE ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak. Tahun ini Pemprov Riau meraih penghargaan APE kategori Madya untuk tingkat provinsi. Adapun tujuh Kabupaten dan Kota di Riau yang meraih penghargaan APE Tahun 2020 diantaranya, penghargaan APE kategori Pratama 2020 untuk kabupaten dan kota diantaranya, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Rokan Hilir dan Rokan Hulu. Sementara itu, penghargaan APE kategori Madya 2020 untuk kabupaten dan kota diraih oleh Kota Pekanbaru dan penghargaan APE kategori Utama 2020 untuk kabupaten dan kota diraih oleh Kota Dumai.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Riau, Tengku Hidayati Effiza mengatakan, penghargaan APE oleh Kementerian PPPA RI ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui strategi pengarusutamaan gender. Dengan diraihnya penghargaan APE 2020 oleh Pemprov Riau, Kadis P3AP2KB Riau ini mengucapkan syukur. Ia menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur Riau, Bapak Wakil Gubernur Riau, serta perangkat daerah di lingkungan Pemprov Riau.

"Tentu kita Dinas P3AP2KB Riau tidak bekerja sendiri ini juga berkat dukungan dari Bapak Gubernur Riau, Bapak Wakil Gubernur Riau, serta OPD di lingkungan Pemerintah provinsi Riau, berkomitmen dalam pembangunan kesetaraan gender ini," katanya. Selanjutnya, ia juga mengucapkan selamat kepada Kabupaten dan Kota di Riau yang telah berhasil meraih penghargaan. Terutama Kota Dumai yang meraih penghargaan APE 2020Kategori Utama.

"Semoga penghargaan ini menjadi motivasi serta komitmen kita bersama untuk terus meningkatkan pembangunan dalam pengarusutamaan gender di Provinsi Riau. Kepada kabupaten yang belum meraih penghargaan, di Tahun 2022 mendatang juga dapat raih penghargaan APE ini," harapnya.

Image title

Sumber            : DP3AP2KB Provinsi Riau

Photographer   : Muhammad Syafri, S.Kom

Penulis            : Tetty Nurdianti, SE

Editor              : Raja Siti Nuraisyah, S.Sos, M.Si