Sabtu, 18 Mei 2024

Jumat, 12 November 2021 11:27

Upaya DP3AP2KB Provinsi Riau Dalam Tingkatkan Partisipasi Perempuan Di Bidang Politik, Hukum Sosial, Dan Ekonomi

E-mail Cetak PDF



PEKANBARU- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender mengadakan Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan Di Bidang Politik, Hukum Sosial, Dan Ekonomi Kewenangan Provinsi Riau  di Hotel Puraya Pekanbaru 2021.

Image title


Data statistik tahun 2020 menunjukan bahwa sumbangan pendapatan perempuan Provinsi Riau baru mencapai 28,31% sementara pencapaian Nasional mencapai 37,26%. Rendahnya capaian Provinsi Riau tersebut membuat kebijakan Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan  (PPEP) harus secara terus menerus kita gelorakan sehingga implementasinya dapat menghasilkan capaian yang lebih baik kedepannya.

Pemerintah Provinsi Riau telah melaksanakan kebijakan tersebut secara bertahap melalui beberapa program dan kegiatan seperti Pengembangan Model Desa/Kelurahan Perempuan Indonesia Maju Mandiri (PRIMA) sebanyak 14 Kelompok dengan 483 orang di 12 Kabupaten/Kota.

Selanjutnya ada Pembinaan Kelompok UP2K sebanyak 1.964 Kelompok di 12 Kabupaten/Kota, Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) sebanyak 296 Orang, serta Bimbingan Manajemen Usaha bagi perempuan dimana Dinas P3AP2KB Provinsi Riau terhitung sejak Tahun 2015 sampai dengan Tahun 2020 telah melatih sebanyak 1.551 orang perempuan pelaku industri rumahan yang bertujuan agar perempuan dapat lebih profesional dalam mengelola usahanya, karena kunci keberhasilan industri rumahan banyak ditentukan oleh kemampuan seseorang dalam mengelola usahanya.

Dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan Pengetahuan, Wawasan dan Keterampilan Para Perempuan Kepala Rumah Tangga tentang Manajerial Usaha Seperti Produksi, Pemasaran, Pembukuan dan Promosi dalam Menjalankan Usahanya serta untuk meningkatkan Pendapatan keluarga dengan Pelatihan Tata Boga.

Adapun acara diikuti oleh 20 orang peserta dari kabupaten kota se Provinsi Riau dengan narasumber antara lain: Bapak Indra Yuliadi selaku Asisten Manager Pemasaran Mikro BRI Kantor cabang Pakanbaru, Ibu Sonya Annisa dari Balai Besar POM Pekanbaru, Selaku instruktur terdiri dari Ibu Arfah Di Sri Sartika dan Bapak Heru Kurniawan dari CV. La Tansa Madani

Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau ibu Dra. T. Hidayati Effiza MM yang berkesempatan hadir sekaligus membuka acara secara resmi dalam sambutan menyampaikan harapannya dengan dilaksanakan kegiatan ini disamping untuk menguatkan dan meningkatkan semangat jiwa wirausaha kaum perempuan, juga untuk meningkatkan sumbangan pendapatan perempuan sebagai salah satu indikator dalam meningkatkan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG). Untuk itu kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga hasil dari pelatihan ini dapat menciptakan SDM perempuan berkualitas, dan tentunya meningkatkan taraf perekonomian keluarga ibu-ibu semua.

Image title

Image title

Sumber          : Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender

Photographer : Antoni Subeno, SH

Penulis           : Syarifah Lisa Darati, M.Si

Editor              : Dra. Devi Rusanti