Jumat, 24 Mei 2024

Jumat, 26 November 2021 10:19

DP3AP2KB Provinsi Lakukan Pertemuan Koordinasi Dan Pembinaan Ketahanan Keluarga Di Kabupaten Indragiri Hilir

E-mail Cetak PDF

TEMBILAHAN –Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB)  Provinsi Riau melalui Bidang Keluarga Sejahtera Data dan Informasi mengadakan kegiatan Pertemuan Koordinasi dan Pembinaan Ketahanan Keluarga Tahun 2021 di Aula

TEMBILAHAN –Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB)  Provinsi Riau melalui Bidang Keluarga Sejahtera Data dan Informasi mengadakan kegiatan Pertemuan Koordinasi dan Pembinaan Ketahanan Keluarga Tahun 2021 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil pada tanggal 23 November 2021 yang juga dilakukan secara virtual.

Image title

Keluarga sejahtera merupakan pondasi dasar bagi keutuhan kekuatan dan keberlanjutan pembangunan. Pembangunan keluarga menjadi salah satu isu pembangunan nasional dengan penekanan pada pentingnya penguatan ketahanan keluarga. Kekuatan pembangunan nasional, berakar pada elemen keluarga sebagai komunitas mikro di dalam masyarakat. Dari keluargalah awal sebuah generasi terbentuk yang selanjutkan akan menentukan kualitas dan kesejahteraan masyarakat . Sebaliknya, apabila keluarga rentan dan tercerai – berai, akan mendorong lemahnya fondasi kehidupan masyarakat bernegara.  Itulah sebabnya, bangunan sebuah keluarga haruslah kuat supaya mampu menghasilkan generasi tangguh dan berkualitas. 

Keluarga mempunyai 8 (delapan) fungsi yang mencakup fungsi pemenuhan kebutuhan fisik dan nonfisik sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1994. Keluarga dengan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi berpotensi lebih besar untuk dapat memiliki ketahanan keluarga yang tangguh.

Untuk mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga diperlukan kerjasama dan sinergisitas dari berbagai OPD, Lintas Sektor dan Organisasi terkait dan masyarakat yang bahu membahu dalam upaya pencapaian Kesejahteraan Keluarga.

Kesejahteraan Keluarga bisa terwujud  dari keluarga yang mempunyai Ketahanan yang baik, selanjutnya dapat mempengaruhi kualitas suatu keluarga. Untuk itu diperlukan parameter yang dapat mengukur dan menunjukan situasi saat ini, agar kita dapat mengetahui bagiamana dari Ketahanan Keluarga yang perlu diperbaiki.  Selanjutnya kita dapat mengembangkan strategi dan bagaimana Program dirancang untuk memperbaiki Ketahanan Keluarga.

Image title

Dilaksanakannya kegiatan dimaksud bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga melalui pembinaan ketahanan keluarga secara berjenjang, Peningkatan kerja sama lintas sektoral dalam mendorong peran serta masyarakat dalam pembinaan dan peningkatan kesejahteraan Keluarga di Kabupaten Indragiri Hilir.

Acara diikuti oleh 30 orang dari OPD, lembaga dan instansi lintas sektoral Kabupaten Inhil seperti: Dinas Sosial, Bappeda, Dinas Kesehatan, Kominfo, DP2KBP3A, Kemenag kab. Inhil, Camat Tembilahan, Camat Tembilahan Hulu, TPPKK, BKM Muslimah NU, Darmawanita, GOW. TPPKK kabupaten, kecamatan secara offline dan online. Adapun narasumber dalam acara tersebut yakni. Ibu DR. Lena Farida, M,Si dari Universitas Islam Riau, Ibu Masnihati Sulung, SE Kepala Bidang Keluarga Sejahtera Data dan Informasi DP3AP2KB Prov. Riau dan Ibu Hj. Netty Kurniawati, M.Pdi selaku kepala Bidang Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan, Sebagai moderator ibu Nofrelta, SE, M.Kes selaku Kasi Ketahanan Keluarga DP3PA2KB Provinsi Riau.

Ketua TPPKK Kab. Indragiri Hilir dalam sambutannya juga menyatakan pentingnya upaya peningkatan kualitas dan ketahanan keluarga dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara. Masih tingginya kasus perceraian yang terjadi dalam masyarakat serta masih banyaknya keluarga yang belum memiliki surat nikan dengan berbagai sebab akan mempengaruhi hak anak dan keluarga untuk mendapatkan berbagai kemudahan dan bantuan yang disiapkan pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau ibu Dra. T. Hidayati Effiza MM yang berkesempatan hadir sekaligus membuka secara resmi dalam sambutannya menyampaikan DP3AP2KB sebagai OPD yang membidangi urusan peningkatan keluarga berharap dengan terlaksananya kegiatan ini yang merupakan langkah awal baik dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga yang akan mempengaruhi ketahanan dan kesejahteraan Keluarga. Hasil kesepakatan bersama antar OPD, lembaga dan lintas sektor yang tersusun pada pertemuan tersebut semoga dapat menjadi acuan dan ditindak lanjuti untuk mendorong kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Inhil kedepannya.

Image title

Sumber : Bidang Keluarga Sejahtera, Data dan Informasi (KSDI)