Sabtu, 25 Mei 2024

Senin, 29 November 2021 11:56

DP3AP2KB Provinsi Riau Tingkatkan Partisipasi Perempuan Di Bidang Politik, Hukum Sosial, dan Ekonomi Di Kabupaten Indragiri Hilir

E-mail Cetak PDF

TEMBILAHAN- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender mengadakan Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan Di Bidang Politik, Hukum Sosial, Dan Ekonomi yang dilaksanakan di Hotel Inhil Pratama 23/11/ 2021.

Image title

Kegiatan ini diselanggarakan dalam upaya mendorong para perempuan pra sejahtera pelaku usaha untuk meningkatkan keterampilan dan membuka usaha sesuai dengan ketersediaan sumberdaya alam dan peluang usaha yang memadai dan meningkatkan kewirausahaan perempuan.

Industri rumahan dalam sistem ekonomi rumah tangga merupakan wadah kreatifitas dan produktifitas perempuan sehingga perlu menjadi perhatian pemerintah. Industri rumahan merupakan potensi besar yang ada di masyarakat jika dikelola dengan baik akan dapat memberi nilai tambah yang sangat signifikan untuk peningkatan kemampuan dan ketahanan ekonomi masyarakat, karena sebagian besar pelaku usaha mikro/industry rumahan adalah kaum perempuan.

Mereka harus ditingkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam mengelola usaha serta ditambah keterampilan praktisnya seperti memberi keterampilan Membuat Anyaman Lidi dengan hasil yang bermacam – macam seperti kotak tisu, piring buah dan taplak meja. Kegiatan ini dilaksanakan disamping bertujuan untuk menguatkan dan meningkatkan semangat jiwa wirausaha kaum perempuan, juga untuk meningkatkan sumbangan pendapatan perempuan sebagai salah satu variabel dalam meningkatkan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG).

Image title

Acara kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan DPRD Provinsi Riau ibu Dra. Hj. Septina Primawati, MM dan diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri atas Organisasi TIM Penggerak PKK Kab. Indragiri Hilir, PW BKMT, PUSDATIN dan FORHATI yang merupakan Perempuan Pra sejahtera, Perempuan Kepala Keluarga dan Perempuan ibu Rumah Tangga yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 23 s.d 25 November 2021. Didalam kegiatan tersebut selain sosialisasi juga dilakukan praktek langsung membuat berbagai anyaman dari lidi. Adapun narasumber terdiri Perwakilan Bank Rakyat Indonesia Cabang Tembilahan bapak Heru Tri Wandono Asisten Manajer Pemasaran Mikro, Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Indragiri Hilir bapak  Wanhar, S.Sos, M.Si, dari Universitas Riau ibu Hj. Sadriah Lahamid, S.Sos, M.Si dan Instruktur yang berasal dari Yayasan Lingkar Maharatu Madani yang merupakan Instruktur yang memiliki keterampilan membuat berbagai anyaman yang berasal dari Lidi yaitu bapak I Gusti Putu Rio Purbowo dan ibu Ardani.

Image title

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau, Ibu Dra. T. Hidayati Effiza, MM yang berkesempatan hadir sekaligus membuka acara resmi dalam sambutannya menyampaikan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga hasil dari pelatihan ini dapat menciptakan SDM perempuan berkualitas, dan tentunya meningkatkan taraf ekonomi keluarga ibu-ibu semua.

Image title

Image title

Sumber : Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender