Jumat, 24 Mei 2024

Selasa, 30 November 2021 12:37

DP3AP2KB Provinsi Lakukan Pembinaan Pada Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) SMU N 5 Pekanbaru

E-mail Cetak PDF

PEKANBARU – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Provinsi  Riau melalui Bidang Keluarga Sejahtera Data dan Informasi melaksanakan kegiatan Pembinaan Pusat Infomasi Konseling Remaja (PIK-R) SMA Negeri 5 Pekanbaru, Jumat (26/11/2021).

Image title

Berbicara masalah remaja, sering kali dihubungkan dengan perilaku menyimpang dan tidak wajar. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya teori-teori perkembangan remaja yang membahas tentang ketidakselarasan, gangguan emosi serta perilaku menyimpang sebagai akibat dari tekanan-tekanan yang dialami oleh remaja itu baik karena perubahan- perubahan yang terjadi pada dirinya sendiri maupun akibat perubahan lingkungan.

Indonesia khususnya Provinsi Riau menghadapi bonus demografi di tahun 2024 membutuhkan remaja-remaja yang unggul, yang menyelesaikan pendidikan dengan baik, mampu berkarir dalam pekerjaan, bisa merencanakan kehidupan berkeluarga, dan dapat berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, serta mempraktekkan pola hidup sehat, menjadi remaja berkualitas yang sehat juga berdampak positif terhadap upaya pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk     mengatasi  masalah-masalah remaja tersebut diantaranya melalui Program Generasi Berencana (GenRe) Pusat Informasi  Konseling Remaja (PIK R) serta Bina Keluarga Remaja (BKR). PIK Remaja sebagai suatu wadah kegiatan  dari program Generasi Berencana (GenRe) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja bertujuan untuk memberikan pelayanan  informasi dan konseling kesehatan terkait reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga. PIK  terbagi menjadi 2 kelompok yaitu PIK R Jalur Pendidikan dan PIK R Jalur Masyarakat. Berdasarkan data yang  tercatat jumlah PIK R di Provinsi Riau saat ini sebanyak 328 Kelompok Kegiatan yang terdiri dari PIK R Jalur Masyarakat dan PIK R Jalur Pendidikan.

Image title

Adapun yang menjadi peserta pada kegiatan ini sebanyak 45 orang siswa/i anggota PIK-R SMU Negeri 5 Pekanbaru, dengan  tetap melaksanakan protokol kesehatan. Dalam acara ini menghadirkan narasumber Sdr. Kansen selaku Ketua Genre Indonesia Riau dan dari DP3AP2KB Provinsi Ibu Desi Riawati, S.Sos selaku kasi perlindungan anak

Kepala sekolah SMA Negeri 5 Pekanbaru Ibu Hj. Elmi Gurita, M.Pd sangat mendukung dan mengucapkan terimakasih atas perhatian DP3AP2KB Provinsi Riau terhadap kegiatan PIK-R yang ada pada SMA Negeri 5 Pekanbaru

Dalam Sambutan Dinas P3AP2KB Provinsi Riau yang dalam hal ini di wakili oleh Kepala Bidang Keluarga Sejahtera Data dan Informasi Ibu Masnihati sulung, SE sekaligus membuka acara secara resmi menyampaikan harapan agar para peserta agar dapat memanfatkan kegiatan ini sebagai ajang penambah wawasan, saling tukar-menukar informasi dan pengalaman.

Image title

Image title

Sumber : Bidang KSDI, DP3AP2KB Provinsi Riau