Jumat, 24 Mei 2024

Rabu, 05 Januari 2022 16:24

Puncak Rangkaian Peringati Hari Ibu, Pemprov Riau Dorong Perempuan Kenali Kanker Serviks Sejak Dini

E-mail Cetak PDF

PEKANBARU [DP3AP2KB] –Acara akhir rangkaian Peringatan Hari Ibu ke 93 tahun 2021 diisi dengan Bincang Santai Kenali Sejak Dini Kanker Serviks yang diselenggarakan oleh DP3AP2KB bekerja sama dengan TP PKK Provinsi, DWP Provinsi, Diskominfotik, RSUD Arifin Ahmad, Biro Adpim, dan Biro Umum di RCC secara virtual juga disiarkan secara streaming di cannel youtube info Public Riau jumat 31/12/21

Kanker serviks atau yang disebut juga kanker rahim atau kanker mulut rahim atau leher rahim, terjadi dibagian organ ke wanitaan. Setiap tahun ratusan ribu kasus infeksi HPV (human paphiloma virus) terdiaknosis di dunia dan ribuan wanita meninggal karena kangker serviks tersebut.

Berbagai tindakan pencegahan dan pengobatan telah dilakukan untuk mengatasi kanker servik tersebut. Dari seluruh penderita kanker yang ada di Indonesia sepertiganya adalah penderita kanker leher rahim. Kanker ini memang pembuhuh wanita yang menakutkan maka itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan kita memperoleh informasi tentang kanker leher rahim lebih jelas dan spesifik sehingga dapat membantu lebih banyak wanita terhindar dari salah satu penyakit yang paling mematikan ini.

Image title

Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov. Riau, Joni Irwan yang hadir mewakili Gubernur Riau yang sekaligus membuka acara secra resmi dalam sambutannya pada bincang santai ini berharap adanya persamaan persepsi dalam upaya pencegahan kanker serviks sebagai bentuk penunjang kesehatan bagi diri kita, keluarga, masyarakat dan khususnya kaum perempuan dimasakini. 

Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung upaya pencegahan dan pendeteksian dini kanker leher rahim yang merupakan bentuk kesejahteraan kaum perempuan, bahwa pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. Kesadaran perlu terus ditingkatkan sebagai bentuk perlindungan kesehatan bagi para perempuan Indonesia. Acara ini  bertujuan untuk mengerakkan dan memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap kanker khususnya kanker leher rahim. Komitmen pemerintah dalam pencegahan kanker harus menjadi elemen kunci dalam sebuah program pengendalian. Pemerintah juga sangat perihatin karna jumlah penderita kanker cukup tinggi terutama kanker leher rahim yang diderita oleh perempuan. Sebagai mana kita ketahui program pemerintah dalam bidang kesehatan salah satunya melalui pengendalian dan pencegahan kanker yang dilakukan untuk semua jenis kanker, ini terutama oleh dua jenis kanker yaitu kanker leher rahim dan kanker payudara.

Kegiatan dilakukan meliputi pencegahan primer, sekunder dan tersier. Pencegahan primer dilakukan pengendalian factor resiko dan peningkatan komunikasi informasi dan edukasi. pencegahan skunder dilakukan melalui deteksi dini yang dilakukan di puskesmas dan rumah sakit. sedangkan tersier dilakukan dengan mengurangi dampak negatif atau mencegah sebuah kondisi menjadi lebih buruk. umumnya melaui pemberian vaksin HPV menawarkan harapan baru untuk pencegahan kanker serviks.

Dalam acara ini hadir Ketua I TP PKK Provinsi Riau ibu Hj. Suti Mulyadi Edy Nasutian S, Kep yang sekaligus memberikan sambutannya, Ketua Darma wanita Provinsi Riau Ibu Dra, Hj. Adrias S.F Harianto, Ketua BKOW, BKMT, Dinas Kesehatan Provinsi dan pengurus PKK lainnya, Serta Pengurus TP PKK kab/Kota/kecamata/kelurahan se Provinsi Riau, Ketua organisasi dan Jajaran DP3AP2KB PRovinsi Riau secara virtual

Adapun narasumber di acara tersebut yakni dr. Ari Hidayat, Sp.OG (K) Onk dan narasumber dr. Yenni Oktavia, Sp.Rad dari RSUD Arifin Ahmad

Image title

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau Ibu Dra. T Hidayati Effiza, MM di hari terakhir tugasnya sebagai ASN karna akan memasuki masa purna bakti dalam sambutan menyampaikan bahwa kanker serviks merupakan salah satu ancaman yang menghantui kaum perempuan. Untuk itu selaku kepala DP3AP2KB sekaligus Pembina organisasi wanita di Provinsi Riau berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan perempuan Riau tangguh, hebat dan sehat ujarnya.

Image title

Sumber : PPID Dinas P3AP2KB Provinsi Riau