Jumat, 24 Mei 2024

Rabu, 19 Januari 2022 11:04

DP3AP2KB TERIMA KUNJUNGAN BEM-UNRI KABINET KREATOR PERGERAKAN

E-mail Cetak PDF

PEKANBARU [DP3AP2KB] – Dinas P3AP2KB Provinsi Riau menerima kunjungan kerja Kementerian Pemberdayaan Perempuan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau (BEM-UNRI) di Aula DP3AP2KB Provinsi Riau, Selasa (18/01/2022).

Rombongan BEM-UNRI yang dipimpin Fitria selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan menyampaikan tujuan kunjungan kerja Kementeriannya adalah untuk menjalin silaturahmi dan menambah informasi khusunya terkait upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Riau dalam pembangunan disektor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

“Salah satu isu yang kami fokuskan saat ini adalah maraknya terjadi kasus pelecehan atau kekerasan seksual, dimana Universitas Riau juga menjadi salah satu kampus yang disoroti saat ini” ungkap Fitri mengawali sambutannya.

Bagaimana kondisi terkini dan langkah apa yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Riau dalam menangani isu kekerasan terhadap perempuan dan anak, menurut sang Menteri yang merupakan Mahasiswi Fakultas Hukum UNRI Semester IX ini perlu mereka ketahui informasinya. “Barangkali kedepan ada hal-hal yang bisa kita sinergikan”, harapnya.

Sebagaimana dilihat belakangan ini, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak terus menerus bermunculan menyisakan empati dan keprihatinan yang mendalam bagi siapa pun yang mengetahuinya. Bagaikan fenomena gunung es, kasus yang muncul kepermukaan menyisakan akar masalah yang kompleks.

Untuk itu peran dan sinergi seluruh komponen pembangunan mulai dari pemerintah, aparat penegak hukum, masyarakat, orang tua, dunia usaha, media massa, kalangan profesi dan sivitas akademika dari perguruan tinggi sangat diharapkan.

Hal ini sebagaimana diutarakan Plt. Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Raja Siti Nuraisyah dalam pemaparannya terkait capaian kinerja yang menjadi tupoksi dan wewenang dari DP3AP2KB Provinsi Riau. Beberapa upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi diantaranya adalah pembentukan UPT PPA sebagai garda terdepan pelayanan kepada masyarakat, khususnya perempuan dan anak.

“Selain itu juga menerbitkan produk hukum daerah seperti Perda, Pergub, Surat Edaran, Instruksi Gubernur dan lain sebagainya, dan semua ini tidak terlepas dari keberpihakan kepala daerah kita saat ini”, ujar Raja Siti Nuraisyah.

Plt. Kepala Dinas juga berharap informasi yang diperoleh nantinya dapat memberi manfaat bagi pembangunan di Provinsi Riau dengan meningkatnya kolaborasi yang baik dari seluruh pemangku kepentingan.

“Semoga jalinan kerjasama dengan kalangan perguruan tinggi nantinya dapat lebih kita optimalkan kedepannya,” tuturnya mengakhiri.

Turut hadir mendampingi Plt. Kadis P3AP2KB menerima kunjungan kerja ini Sri Gemala Melayu selaku Kepala Bidang Kelembagaan Tumbuh Kembang dan Pemenuhan Hak Anak, Efianurita selaku Kabid Perlindungan Hak Perempuan dan Khusus Anak, Devi Rusanti selaku Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender, Neng Darmilini selaku Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Masnihati Sulung selaku Kabid Keluarga Sejahtera Data dan Informasi, Pejabat Struktural di UPT Perlindungan Perempuan dan Anak, serta Pejabat Fungsional dilingkungan Dinas P3AP2KB Provinsi Riau.

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title

Sumber : Bidang Keluarga Sejahtera, Data dan Informasi (KSDI)