Jumat, 24 Mei 2024

Sabtu, 02 Juli 2022 14:36

Perkuat PUSPAGA, Pemerintah Provinsi Optimalkan Layanan Pengasuhan Berbasis Pemenuhan Hak Anak

E-mail Cetak PDF


PEKANBARU – Bertempat di Hotel Khas Pekanbaru, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas P3AP2KB) Provinsi Riau menaja kegiatan Penguatan Kapasitas Bagi SDM Pengelola Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) se-Provinsi Riau selama 2 hari mulai dari tanggal 30 Juni hingga 1 Juli 2022.

Kegiatan yang dihadiri langsung Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Rohika Kurniadi Sari sebagai Narasumber Pusat ini dilaksanakan dengan tujuan memperkuat fungsi keluarga melalui pengasuhan berbasis pemenuhan hak anak.

“Agar tercipta generasi Tangguh, berkualitas, berakhlak mulia, berwawasan kebhinekaan, sehat dan cerdas serta terlindungi dimulai dari dalam keluarga,” ungkap Kepala Bidang Kelembagaan Tumbuh Kembang dan Pemenuhan Hak Anak, Sri Gemala Melayu saat membacakan Laporan Panitia.

Pelatihan yang diikuti oleh 20 orang peserta dari unsur pengurus/penanggungjawab PUSPAGA Kabupaten/Kota dan Provinsi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Hj Fariza.

Dalam sambutannya Hj Fariza mengajak Kabupaten/Kota yang belum memiliki PUSPAGA untuk segera membentuk dan yang telah melembagakan agar lebih meningkatkan pelayanan sesuai pedoman dari Kementerian PPPA RI supaya dapat mengikuti standardisasi PUSPAGA. Selain itu Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau juga berharap agar seluruh PUSPAGA dapat memanfaatkan media sosial sebagai wadah publikasi.

“Kehadiran PUSPAGA diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan kualitas keluarga, termasuk perlindungan anak melalui dua jenis layanan utama yaitu informasi dan konseling,” harapnya.

Karena menurut Hj Fariza untuk menjadi orang tua di zaman sekarang memiliki tantangan yang lebih berat dari pada menjadi orang tua di zaman dahulu. Hal ini disebabkan diantaranya karena perubahan lingkungan dan kemajuan teknologi yang begitu cepat.

“Oleh karenanya orang tua saat ini harus lebih memahami pola asuh dan tumbuh kembaang anak,” ujarnya.

Selain menghadirkan Narasumber Pusat dari Kementerian PPPA RI, pelatihan ini juga menghadirkan Narasumber Daerah dari Yayasan Intan Payung Riau dan Psikolog PUSPAGA Provinsi Riau.

Image title

Image title

Sumber : Bidang KTKPHA