Jumat, 24 Mei 2024

Senin, 29 Agustus 2022 12:06

GOJEK Gandeng DP3AP2KB Dukung Mitra Driver Jadi Pelopor Ciptakan Ruang Publik Aman

E-mail Cetak PDF


PEKANBARU– DP3AP2KB Provinsi ikut andil dalam melakukan pencegahan kekerasan di ruang publik bersama Gojek Pekanbaru Melaksanakan Edukasi bagi Mitra Driver Pekanbaru Jadi Pelopor Ciptakan Ruang Publik Aman Di tahun 2022. Acara ini di laksanakan pada tanggal Selasa, 23 Agustus 2022 pukul 08.30 - 11.30 WIB di kantor gojek pekanbaru.

 

Dalam upaya meningkatkan awareness setiap individu, termasuk di dalamnya mitra driver serta masyarakat secara umum, tentang anti kekerasan seksual secara untuk membangun kesadaran para mitra driver Gojek mengenai pentingnya bergerak bersama menciptakan ruang aman yang bebas dari kekerasan seksual. Menciptakan budaya aman dan mendorong mitra driver Gojek untuk secara konsisten menjadi pelopor penciptaan ruang publik yang aman, misalnya dengan sigap membantu atau mengambil tindakan ketika menemui kasus kekerasan seksual di ruang publik. Sejak 2019 Gojek menjalankan pelatihan tatap muka bagi mitra driver di 8 kota, peluncuran modul edukasi online “Melawan Kekerasan Seksual” yang telah diakses ratusan ribu mitra driver melalui aplikasi, hingga peluncuran Pusat Edukasi dan Bantuan untuk Cegah Kekerasan Seksual sebagai sarana edukasi bagi masyarakat luas yang dikemas secara ringan. Mempertegas komitmen tersebut, tahun ini Gojek kembali menjalankan rangkaian kegiatan pelatihan tatap muka anti-kekerasan seksual di 10 kota selama tahun 2022, termasuk diantaranya Pekanbaru sebagai salah satu kota operasional utama Gojek. Tidak hanya itu saja, Gojek menunjukkan keseriusannya melawan kekerasan seksual juga ditunjukkan dari sisi teknologi dengan menghadirkan fitur yang sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat Pekanbaru seperti contohnya fitur penyamaran nomor telepon, fitur bagikan perjalanan, dan tombol darurat yang ada pada aplikasi Gojek.

 

Pelatihan dilaksanakan dengan bekerja sama dengan organisasi “Di Jalan Aman Tanpa Pelecehan Seksual (DEMAND)” bagian dari Koalisi Ruang Publik Aman, yang akan turut menggandeng organisasi lokal di kota di mana pelatihan diselenggarakan.

 

Acara yang juga di hadiri oleh Walikota Pekanbaru, Gojek Representative - Julianda Pratama, Branch Manager Gojek Pekanbaru dan Government Representative (Dinas Pemberdayaan Perempuan – Ibu Efia Nurita, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Khusus Anak, DP3AP2KB Provinsi Riau, DEMAND Representative - Anindya Restuviani (Vivi), Site Leader and Co-Director DEMAND NGO local Representative - Rosmaini, Ketua Umum Lembaga Bantuan Perlindungan Perempuan dan Anak Riau (LBP2AR)

 

District Head Gojek Pekanbaru Julianda Wirda Pratama mengatakan, melalui edukasi, pihaknya ingin membangun kesadaran serta pemahaman individu khususnya para mitra driver Gojek mengenai pentingnya bergerak bersama menciptakan ruang aman yang bebas dari kekerasan seksual.

 

“Gojek ingin membangun budaya aman dan mendorong mitra-mitranya untuk secara konsisten menjadi pelopor penciptaan ruang publik yang aman, misalnya dengan sigap membantu atau mengambil tindakan ketika menemui kasus kekerasan seksual di ruang publik,” paparnya

Image title

Sumber: PPID DP3AP2KB Provinsi Riau