Sabtu, 18 Mei 2024

Selasa, 13 Desember 2022 19:24

Tuntaskan PKN Tingkat II, Kadis P3AP2KB Provinsi Riau Menjadi Satu Satunya Perempuan Di Peringkat 10 Besar

E-mail Cetak PDF


SURABAYA – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau, Hj FARIZA berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXIV Tahun 2022 di BPSDM Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan sejak tanggal 21 Agustus hingga 11 Desember 2022.


Mengusung judul proyek perubahan (Proper) “Sinergi Antar Stake Holders Untuk Meningkatkan Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak di Provinsi Riau”, Kadis P3AP2KB berhasil masuk 10 Besar Terbaik Peserta PKN Tingkat II Angkatan XXIV Tahun 2022.


Judul Proper ini dipilih sejalan dengan Visi Gubernur Riau yang tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 3 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Riau Tahun 2019-2024 yaitu Terwujudnya Riau yang Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat, dan Unggul (Riau Bersatu) di Indonesia, dengan 5 Misi yang ditetap untuk mensukseskan Visi dimaksud.


“Proper ini implementasi dari Misi pertama bapak Gubernur terkait mewujudkan sumber daya manusia yang beriman, berkualitas dan berdaya saing melalui pengembangan manusia seutuhnya, serta Misi kelima terkait Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis teknologi informasi sebagai dasarnya”, ungkap Hj Fariza.


Untuk mewujudkan Layanan CEKATAN (Cepat, Konprehensif, Terintegrasi dan Akurat), diperlukan sinergi dengan stakeholders terkait melalui kebijakan-kebijakan antara lain penerbitan Standar Layanan di UPT PPA, menjalin Kesepakan Bersama (MoU Collaborative Governance), penerbitan Peraturan Gubernur serta sosialisasi dan edukasi menggunakan media berbasis teknologi informasi.

 

“Alhamdulillah, prestasi ini berkat kerja kolektif semua pihak yang telah membantu saya menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan ini, mulai dari bimbingan Coach dan Mentor, hingga dukungan bapak Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda Provinsi dan tim efektif di Dinas P3AP2KB Provinsi Riau”, sambungnya.


Selain itu menurut Hj Fariza peran stakeholders eksternal seperti Organisasi Perangkat Daerah Provinsi yaitu Dinas Kominfotik, Biro Hukum dan Biro Organisasi, serta Lembaga mitra kerja UPT PPA Provinsi Riau seperti Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau, Baznas Provinsi Riau, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Suska dan Universitas Islam Riau, Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia Provinsi Riau, Yayasan Pemuda Sahabat Hukum, Kantor Hukum Syahidila Yuri & Rekan, Mooie Vrouw Law Office, Komunitas Tuli Lancang Kuning (Kutilang) Riau, serta Tenaga Ahli Psikolog tak kalah pentingnya dalam mensukseskan proyek perubahan ini.


Kedepannya Kadis P3AP2KB Provinsi Riau berharap mendapat dukungan yang lebih lagi, terutama dalam hal peningkatan sarana prasarana di unit pelayanan teknis dengan konsep yang ramah disabilitas dan lansia, serta penyediaan alat transportasi untuk mobilitas petugas menjangkau korban dalam memberikan pelayanan.


Keputusan 10 Besar terbaik diumumkan langsung Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai , dalam sambutannya pada Penutupan dan Pelepasan Peserta PKN Tingkat II Angkatan XXIV Tahun 2022 yang dilaksanakan terpusat di Ballroom BPSDM Provinsi Jawa Timur, Sabtu (10/23/2022). Tidak hanya itu Hj Fariza menjadi satu-satunya srikandi (peserta perempuan) yang berhasil masuk 10 Besar.


Kegiatan penutupan ini dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Kepala Lembaga Administrasi Negara RI, Adi Suryanto.


Peserta PKN Tingkat II Angkatan XXIV berjumlah 70 orang, dimana 100% dinyatakan lulus dengan penilaian pada evaluasi akhir sebanyak 31 orang pada posisi Sangat Memuaskan, dan 39 lainnya dengan predikat Memuaskan.

Image title

Image title

Sumber : Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau