Jumat, 24 Mei 2024

Kamis, 29 Desember 2022 09:54

Tekankan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Pembangunan, Gubernur Ajak Kaum Ibu Tingkatkan Kualitas Diri

E-mail Cetak PDF


PEKANBARU – Mengusul tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyelenggarakan Peringatan Hari Ibu ke-49 Tingkat Provinsi Tahun 2022 di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (26/12/2022).


Gubernur Riau H Syamsuar didampingi isteri yang berkesempatan hadir mengungkapkan pentingnya perjuangan pergerakan para perempuan di masa pra kemerdekaan yang telah menjadi tonggak sejarah tersendiri melalui diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta.


Momentum bersejarah ini menurut Gubernur menjadi salah satu dasar di tahun 1959 ditetapkan oleh Presiden Soekarno sebagai Hari Ibu.


“Inilah yang membedakan Hari Ibu di Indonesia dengan peringatan Mother’s Day di beberapa Negara di dunia”, ungkap H Syamsuar dalam sambutannya.


Sebagaimana di catat dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, perjuangan gerakan perempuan ini membawa keyakinan baru bagi para perempuan Indonesia bahwa pemenuhan hak dan kesetaraan akan mengantarkan mereka untuk dapat berjalan bersama-sama, serta menjemput kesempatan yang sama, karena ruang untuk berkontribusi adalam milik semua.


Keyakinan ini menurut Gubernur tentunya sangat esensial bagi kemajuan Indonesia karena perempuan mengisi hamper setengah dari populasi Indonesia, maka kemajuan perempuan akan menentukan pula kemajuan Indonesia.


“Untuk itu teruslah berkarya agar menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri sehingga bisa menjadi kekuatan besar dalam mensejahterakan semua”, harap Gubernur.


Berdasarkan Surat keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts.1742/XI/2022 tanggal 28 November 2022 Berikut Nama-Nama  Pemenang Lomba Perempuan Berdaya di Bidang Ekonomi Tahun 2022 :

  1. Dumai Atas Nama Nofliyarni dengan Jenis Usaha Konveksi Adelis dengan Total Nilai 93,55

  2. Bengkalis Atas Nama Nurul Hidayati dengan Jenis Usaha Snack, Cookies dan Catering  Total Nilai 92,75

  3. Kampar Atas Nama Nurhidayati Sari, M.Pd denga Jenis Usaha Olahan dan Budidaya Daun Kelor Total Nilai 92

Tampak hadir pada peringatan tersebut perwakilan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan instansi vertical, kepala organisasi perangkat daerah provinsi, perwakilan organisasi perempuan, Forum Anak Riau dan Forum GenRe Riau.


Panitia Penyelenggara yang diketuai Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau Hj Fariza, menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ibu tahun ini dimeriahkan dengan berbagai rangkaian kegiatan baik ditingkat provinsi maupun nasional, seperti pemberian penghargaan kepada Perempuan Berdaya Tingkat Provinsi di Bidang Ekonomi, Seminar Parenting Tingkat Provinsi dengan melibatkan Dharma Wanita Persatuan Provinsi, serta Menjahit Bendera Merah Putih yang diikuti Ketua TP-PKK Provinsi se Indonesia di Bengkulu pada tanggal 21 Desember yang lalu.


“Peringatan Hari Ibu yang secara rutin kita peringati setiap tahunnya dimaksudkan untuk mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda akan makna Hari Ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum peremuan yang tidak terpisahkan dari kebangkita perjuangan bangsa”, ujar Hj Fariza dalam laporannya.


Pada PHI Tingkat Provinsi juga menampilkan paduan suara Dharma Wanita Persatuan Dinas P3AP2KB Provinsi Riau yang menyanyikan lagu Ibu dari New Sakha dan SAPA 129 yang dipopulerkan Menteri PPPA RI, ibu Bintang Puspayoga.


Image title

Image title

Sumber : Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau