Jumat, 24 Mei 2024

Sabtu, 27 Mei 2023 03:49

Peran DP3AP2KB Dalam Peningkatan Kesertaan Keluarga Berencana

E-mail Cetak PDF

Dalam upaya promotive dan preventif pada kesehatan masyarakat, tidak sepenuhnya yang berperan hanya perempuan saja, butuh peran pria atau suami ikut mengambil andil dalam meningkatkan kesertaan KB di Indonesia khususnya Provinsi Riau.

Di tegaskan Kondisi kependudukan saat ini membuka peluang bagi Provinsi Riau untuk mendapatkan bonus demografi. Untuk memenuhi hal tersebut, dalam merumuskan arah kebijakan dan strategi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yang efektif, efisien dan tepat sasaran perlu diperhatikan beberapa permasalahan-permasalahan yang ada. Antara lain seperti angka kelahiran total secara nasional masih perlu diturunkan agar tercapai pertumbuhan penduduk yang seimbang. Selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang isu-isu kependudukan dan keluarga berencana. Sehingga diperlukan upaya yang masif dan terstruktur untuk kita dapat mempromosikan Program Bangga Kencana kepada masyarakat.

Acara  dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau yang diwakili oleh Sekretaris Raja Siti Nuraisyah, dihadiri oleh 33 orang peserta utusan Organisasi Perangkat Daerah Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten/Kota, Mitra Kerja dan Organisasi Kemasyrakatan (Kamis, 25 Mei 2023)

Peran serta organisasi kemasyarakatan dalam  pencapaian program Keluarga Berencana dengan mengatur dan mengendalikan jumlah kelahiran, maka ekonomi dan kesejahteraan keluarga semakin kuat. Kontribusi ini akan terlihat pada pengurangan kemiskinan dan berdampak positif pada pembangunan. Masyarakat bisa lebih awal terhadap kesehatan reproduksi dan pentingnya Keluarga Berencana demi terlahirnya penerus bangsa Indonesia yang sehat dan berkualitas

Kegiatan Pertemuan Pengembangan Strategi Oprasional  dalam Rangka Pemberdayaan dan Peningkatan Peran Serta Organisasi Kemasyarakatan dalam Pelayanan dan Pembinaan Kesertaan Ber KB diisi oleh empat narasumber dengan empat perspektif tentang strategi operasional. Dengan tujuan peningkatan peran serta organisasi masyarakat dalam Pelayanan dan Pembinaan Kesertaan Ber KB.

Narasumber dari kegiatan ini adalah Fajar Firdawati (BKKBN Pusat), Khuntum Khaira (PKBI Provinsi Riau), Mahdalena Watiyulia (BKKBN Perwakilan Provinsi Riau), Khairani Hasyim, dan Hj. Darmiati


Image title

Image title

Sumber :Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau