Jumat, 24 Mei 2024

Kamis, 08 Juni 2023 09:07

Digitalisasi Pemberdayaan Perempuan, KemenPPPA Luncurkan Channel Perempuan Dan Anak

E-mail Cetak PDF

Pekanbaru) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau, Hj. Fariza, SH. MH beserta jajaran menghadiri kegiatan Peluncuran Channel Perempuan dan Anak pada aplikasi RRI Play Go secara zoom pada hari Rabu (7/6/23) di Kantor RRI Pekanbaru

Acara ini juga disiarkan secara virtual dan diikuti seluruh Dinas Pengampu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Se Indonesia. Peluncuran Channel Perempuan dan Anak pada aplikasi RRI Play Go adalah bentuk Inovasi Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang sebelumnya telah menginisiasi program Rumah Pintar Sahabat Perempuan dan Anak (RP-SAPA) dan diimplementasikan di Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DKRPPA), dengan sinergitas kerjasama multi-stakeholder dalam mengelaborasi konsep high tech - high touch. RP-SAPA mengembangkan dua inisiatif yaitu Pusat Pelatihan dan Kanal Perempuan dan Anak.

Adapun Kanal Perempuan dan Anak merupakan platform di aplikasi RRI Play Go yang menyediakan akses satu pintu ke layanan, informasi, dan inspirasi terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta berbagai pelatihan online. Kanal Perempuan dan Anak tersebut merupakan upaya penguatan pelembagaan pengarusutamaan gender (PUG), pemberdayaan perempuan, serta perlindungan perempuan dan anak di bidang diseminasi informasi ke publik, oleh karenanya dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak termasuk komunitas dan organisasi perempuan di Indonesia.

Image title

Kanal Perempuan hadir sebagai pendamping dalam bentuk digital untuk perempuan dalam mendukung perjalanan pemberdayaannya serta menjadi pendorong kebiasaan berdigital yang aman sehingga dapat mencegah mereka mengalami penipuan, penyebaran hoaks, dan kekerasan berbasis gender online. Perempuan dapat berpartisipasi dalam era digital dengan mulai meningkatkan literasi digital dan memanfaatkan digitalisasi secara efektif sebagai alat untuk semakin produktif melalui kanal ini. Dengan begitu, perempuan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup pribadi dan keluarga secara sosial, pendidikan, dan finansial.

“Kegiatan ini untuk mensosialisasikan Kanal Perempuan dan Anak di RRI Play Go solusi bagi perempuan dapat berdigital dengan aman serta memberdayakan diri mereka secara personal dan finansial melalui platform digital” ungkap Fariza.

Demi mempermudah informasi mengenai upaya penguatan pelembagaan pengarusutamaan gender (PUG), pemberdayaan perempuan, serta perlindungan perempuan dan anak di bidang diseminasi informasi ke publik, oleh karenanya dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak termasuk komunitas dan organisasi perempuan di Indonesia, masyarakat dapat mengakses channel ini melalui smart phone dengan mengunduh aplikasi RRI Play Go di apple store dan play store.

Turut hadir JFT Pranata Siaran Ahli Muda LPP RRI Pekanbaru Pitrayati. Sekretaris DP3AP2KB Provinsi Riau, Raja Siti Nuraisyah. Kepala UPT PPA Provinsi Riau, Sakinah. Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Khusus Anak, Devi Rusanti.

Image title

Sumber : Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau