Jumat, 24 Mei 2024

Selasa, 27 Juni 2023 13:31

Wujudkan Kualitas Hidup Manusia Melalui Perencanaan Pembangunan Berbasis Data Kependudukan

E-mail Cetak PDF

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau melalui bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Provinsi Riau.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Masnihati Sulung  dan dihadiri oleh Pejabat Fungsional Ahli Madya Perwakilan BKKBN Provinsi Riau serta Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional di lingkungan DP3AP2KB Provinsi Riau bertempat di Hotel Furaya Pekanbaru tanggal 26 Juni 2023.

Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau menekankan pentingnya Pemetaan Program Bangga Kencana  sebagai acuan dalam penentuan kebijakan pembangunan di Provinsi Riau.    Dalam Proses Perencanaan Pembangunan di Provinsi Riau harus melihat    potensi dan kondisi penduduk yang ada. Penduduk harus dijadikan titik sentral dalam proses pembangunan juga menjadi subyek dan obyek dalam pembangunan. Selain itu, pembangunan harus lebih  menekankan pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia dibandingkan dengan pembangunan infastruktur semata.  Semua perencanaan pembangunan harus ‘Population Responsive’ yaitu memperhatikan dan mempertimbangkan data dan informasi kependudukan secara lengkap, mulai dari jumlah, pertumbuhan, struktur umur, persebaran maupun kualitas penduduk. Perencanaan  pembangunan berbasis data  kependudukan merupakan strategi yang penting dalam rangka meningkatkan relevansi, efektivitas serta efisiensi kebijakan dan program pembangunan di Indonesia.

Harapan terbesar dari perencanaan pembangunan adalah kesejahteraan penduduk. Oleh karena itu dalam menentukan kebijakan berupa program dan kegiatan prioritas dalam perencanaan pembangunan sangat  penting untuk mengetahui dinamika kependudukan dengan memanfaatkan  data kependudukan. Salah satu sarana yang dapat digunakan untuk menggambarkan situasi dan kondisi perkembangan kependudukan dapat dilihat dengan pendekatan indikator Bangga Kencana seperti meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan fokus pada pengendalian penduduk, pembangunan keluarga, dan keluarga berencana sehingga menjaga keseimbangan antara pertumbuhan penduduk dan sumber daya yang tersedia,  ujar Masnihati Sulung saat mewakili Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau dalam sambutannya.

Hadir sebagai Narasumber pada  kegiatan ini adalah Kepala perwakilan BKKBN  Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia beserta Pejabat Fungsional Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Ahli Madya Perwakilan BKKBN Provinsi Riau dan sebagai peserta kegiatan adalah  dari Organisasi Perangkat Daerah Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Bappedalitbang Provinsi Riau, BPS Provinsi Riau dan Koalisi Kependudukan Indonesia Provinsi Riau.

Image title

Image title

Sumber : Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau