Jumat, 24 Mei 2024

Rabu, 12 Juli 2023 17:35

Perkembangan Dinamika Kependudukan Di Butuhkan Strategi Operasional, Advokasi Dan Promosi Sesuai Kearifan Budaya Lokal

E-mail Cetak PDF

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau menyelenggarakan pertemuan dengan mitra kerja strategi melalui pertemuan, diharapkan tim Advokasi KKBPK Provinsi dan OPD KB Kabupaten/Kota dapat menyesuaikan kondisi perkembangan di daerah masing masing.

Kegiatan ini dibuka Kepala DP3AP2KB Riau Fariza dan dihadiri Pejabat Fungsional Ahli Madya Perwakilan BKKBN Provinsi Riau serta Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional di lingkungan DP3AP2KB Provinsi berlangsung di Pekanbaru tanggal 11 Juli 2023.

Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau Fariza mengatakan Mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan berkualitas Perlu dilakukan strategi operasional Advokasi dan Promosi dalam upaya pengendalian angka kelahiran, penurunan angka kematian, pengarahan mobilitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, penyiapan dan pengaturan perkawinan serta  kehamilan.

Mewujudkan SDM yang tangguh berkualitas untuk pembangunan daerah di massa depan suksesnya program Bangga Kencana Di Provinsi Riau menjadi tumpuan sebagai data acuan. Menurut Pendataan Keluarga Tahun 2022 Angka Kelahiran Total (TFR)sebesar 2,5 dari target 2,28 rata-rata anak per WUS. Angka Pravalensi Kontrasepsi Modern (mCPR) sebesar 45, 6% dari Target 50,88% kelahiran per 1000 WUS 15-19 Tahun. Persentase kebutuhan ber KB yang tidak terpenuhi (Unmet Need) sebesar 25,6% dari target 14,45%. Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) sebesar 53,01 dari target 59,30.

Pengembangan strategi operasional advokasi dan promosi saat ini sangat dibutuhkan apalagi dalam kaitan untuk menyesuaikan program ke dalam Kearifan Budaya lokal mengingat kondisi Keragaman adat istiadat dan Budaya yang ada di Provinsi Riau. Kemitraan dinilai sangat penting dan strategis dalam mengelola kebijakan pelayanan program KIE. Melalui KIE dapat langsung menyentuh sasaran di tengah masyarakat dengan melalui Promosi, Kampanye dengan menyampaikan pesan-pesan baik melalui peraga atau bentuk media termasuk peran tokoh masyarakat dengan tujuan untuk merubah sikap, perilaku masyarakat tentang arti penting Program Bangga Kencana bagi pembangunan bangsa.

Dikatakan Keragaman merupakan kekayaan sekaligus memberi cara pandangan bagaimana konsep pendekatan dapat diterima dan dipahami dalam membentuk kerangka yang utuh ke dalam perspektif kearifan lokal. Dinamika Perkembangan Kependudukan saat ini telah menyeret kita semua untuk berperan aktif menyikapi keragaman yang ada dengan harapan mewujudkan Bonus Demografi dan Indonesia Emas. Masnihati Sulung Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana DP3AP2KB Provinsi Riau dalam laporannya.

Sebagai Narasumber pada kegiatan ini adalah Fungsional Penata KKB Ahli Madya BKKBN Pusat Riau Muktiani Asrie Suryaningrum Dosen Universitas Riau Ahmad Namawi dengan peserta dari Organisasi Perangkat Daerah Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau dan Perwakilan BKKBN Provinsi Riau

Image title

Image title

Sumber : Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau