Jumat, 24 Mei 2024

Selasa, 26 September 2023 06:56

Pemerintah Provinsi Riau Dorong terpenuhi Hak hak Anak

E-mail Cetak PDF

 



Pekanbaru – Dinas DP3AP2KB Provinsi Riau melalui Bidang Kelembagaan Tumbuh Kembang dan Pemenuhan Hak Anak (KTKPHA) menyelenggarakan Hari Peringatan Anak Tingkat Provinsi Riau (Gubri) Syamsuar pada kesempatan ini mengatakan, Peringatan ini merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, dan tumbuh, berkembang, secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi.


Dalam hal sarana pendidikan dan kesehatan Gubernur  Riau mengatakan  Provinsi Riau sudah melaksanakan kebijakan Termasuk  anak-anak yang putus sekolah, memperingati Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Riau  tahun 2023 ini di laksanakan di taman rekreasi Alam Mayang, Kota Pekanbaru, Sabtu (23/09/2023).


Melalui momen Peringatan Hari anak Nasional ini Gubernur berharap kedepan mampu mendorong semua mulai dari unsur Pemerintah, Dunia Usaha, Lembaga/Organisasi Kemasyarakatan, Dunia Pendidikan, Media Massa dan Masyarakat untuk menjadi lending sektor secara aktif yang berimplikasi langsung terhadap tumbuh kembang anak. Salah satunya melakukan upaya pemenuhan hak di masingmasing sektor terkait termasuk melakukan pengawasan terhadap potensi kekerasan. Dikatakan media juga di harapkan peran aktifnya menyampaikan informasi dan edukasi ke seluruh lapisan masyarakat. Peringatan Hari Anak Nasional di Provinsi Riau dimeriahkan oleh berbagai penampilan seni dari anak PAUD, SMA dan SMK sederajat.


Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau, Fariza menjelaskan HAN 2023 di Riau diikuti oleh 700 peserta pelaksanaan HAN di maksudkan sebagai bentuk penyematan perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa, ucapnya. Kadis DP3AP2KB Riau berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan peran semua pihak baik pelopor dan pelapor dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman, nyaman untuk anak sekaligus untuk menciptakan ruang berkualitas dalam rangka meningkatkan pengasuhan keluarga.


Tema HAN Tahun ini yang ditetapkan pemerintah pusat “Anak Terlindungi Indonesia Maju”, kemudian di ikuti 5 (lima) Sub Tema yaitu Cerdas Bermedia Sosial Menuju Generasi Emas, Dare to lead and Speak Up Anak Pelopor dan Pelapor, Pengasuhan Layak untuk Anak Indonesia, Wujudkan Lingkungan yang Aman untuk Anak, serta Stop Kekerasan, Perkawinan dan Pekerja







 

Sumber : Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau