Jumat, 24 Mei 2024

Selasa, 10 Oktober 2023 07:35

Koordinasi Pelaksanaan dan pemanfaatan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Provinsi Riau untuk Pembangunan Riau yang Lebih Baik dan Sejahtera

E-mail Cetak PDF



Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian  Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3AP2KB) Provinsi Riau menyelenggarakan  Rapat Tim Koordinasi Pelaksanaan GDPK Provinsi Riau pada Sub Kegiatan Advokasi Dan Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan Provinsi Riau pada hari Senin, tanggal 25 September 2023 di Aula DP3AP2KB Provinsi Riau.


Kegiatan ini dibuka oleh  Kepala DP3AP2KB Provinsi  Riau  yang diwakili oleh  Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  Masnihati Sulung dan dihadiri oleh  Pejabat Administrator,  Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional di lingkungan DP3AP2KB Provinsi  Riau dan seluruh Tim Koordinasi Pelaksanaan GDPK Provinsi  Riau yang melibatkan berbagai lintas sektor seperti Bappedalitbang Provinsi Riau, Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dinas Sosial Provinsi Riau, Dinas PMD-Capil Prov. Riau, Dinas PUPR Provinsi Riau, Disperindag Provinsi Riau, Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, BPS Provinsi Riau, FAPSEDU Provinsi Riau, Koalisi Kependudukan Provinsi Riau, IPADI Provinsi Riau, Pusat Studi Kependudukan dan Peranan Wanita UNRI, Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Riau dan Perkumpulan Keluarga Berencana (PKBI) Provinsi Riau.


Masnihati Sulung dalam sambutannya mewakili Kepala DP3AP2KB Prov. Riau mengatakan bahwa GDPK adalah arahan kebijakan yang dituangkan dalam Program lima tahunan pembangunan kependudukan Indonesia untuk mewujudkan target pembangunan kependudukan. GDPK sebagai alat bantu dalam memantau dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan di bidang kependudukan, agar arahnya sesuai dengan garis-garis yang telah ditetapkan dalam perencanaan pembangunan, serta sebagai arah bagi kebijakan yang harus sejalan dengan RPJMD yang kemudian dapat membantu penjabaran target-target dalam Rencana Strategis dan Rencana Kerja.

Dalam rapat Tim Koordinasi Pelaksanaan GDPK ini dibahas tentang Gambaran Umum Pelaksanaan GDPK, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan GDPK di Provinsi Riau dan Capaian indikator Roadmap GDPK Provinsi Riau sebagai dasar untuk penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Riau 2025-2045. Sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Fungsional Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) Ahli Muda DP3AP2KB Provinsi Puspa Riana, Penata KKB Ahli Madya Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Supriyadi dan Ermayani. Selanjutnya kegiatan ini ditutup oleh Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau, Fariza yang menekankan pentingnya kerjasama lintas sektor dalam pelaksanaan dan pemanfaatan GDPK Provinsi Riau sehingga Pembangunan Kependudukan di Provinsi Riau dapat berjalan secara optimal dan berkelanjutan.



 




Sumber : Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau