Jumat, 24 Mei 2024

Selasa, 10 Oktober 2023 15:57

Peran Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Ketahanan Dan Kesejahteraan Keluarga di Kabupaten Kuantan Singingi

E-mail Cetak PDF



Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian  Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3AP2KB) Provinsi Riau menyelenggarakan Kegiatan Seminar/Workshop Ketahanan Keluarga di Hotel Angela Kabupaten Kuantan Singingi, Kamis (05/10/2023).


Kegiatan dibuka secara resmi oleh Hj. Fariza,  selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau, turut hadir Bupati Kuantan Singingi yang diwakili Asiten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda H. Maisir dan Anggota DPRD Komisi V Provinsi Riau  H. Marwan Yohanis, Ketua FKPMR .H. Chaidir, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuantan Singingi Rustam serta dari Kantor Perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi H.Armadis sebagai Narasumber.


Peserta berjumlah 100 (seratus) orang yang dihadiri oleh Kader Posyandu, Kader Lansia, Kader BKB, Kader BKR, Kader Dasa Wisma, TPK (Tim Pendmping Keluarga), BKMT, Permata PKK Kabupaten Kuantan Singingi.  Kegiatan Seminar/ Workshop Ketahanan Keluarga berlangsung selama 3 (tiga) hari tanggal 04 s.d 06 Oktober 2023.


Hj. Fariza, dalam sambutan menyampaikan Pembangunan Keluarga menjadi salah satu Isu Pembangunan Nasional dengan penekanan pentingnya Penguatan Ketahanan Keluarga. Keluarga mempunyai peran sangat penting dalam memperkenalkan cinta kasih moral keagamaan, sosial. Keluarga juga menjadi pertahanan utama yang dapat menangkal berbagai pengaruh negatif dari dinamika sosial yang ada.


“Ketahanan keluarga merupakan alat untuk mengukur pencapaian keluarga dalam melaksanakan peran, fungsi dan tanggung jawabnya untuk mewujudkan kesejahteraan anggota. Untuk itu diperlukan Kerjasama dan Sinergisitas antara Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten/Kota,  Lintas Sektor terkait dan masyarakat dalam upaya mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga sehingga sebuah keluarga mampu menghasilkan generasi tangguh dan berkualitas”, Ujar Hj. Fariza.


Kegiatan ini  diselenggarakan untuk mendorong terciptanya peningkatan  komitmen dan peran serta stakeholder terkait dari unsur pemerintah maupun non pemerintah dalam meningkatkan kualitas pembangunan keluarga. Kesejahteraan Keluarga bisa terwujud apabila keluarga mempunyai Ketahanan yang baik sehingga menentukan kualitas kesejahteraan masyarakat, Bangsa dan Negara.





 

Sumber : Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau